Era Baru Ekspor Jawa Timur, Pemprov Gelar Festival Guna Mengangkat Perekonomian

Jawa timur | Senin, 12 Agustus 2024 | 14:59 WIB

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Pemprov Jawa Timur menggelar Festival Ekspor, untuk meningkatkan nilai ekspor ke luar negeri. Langkah ini dilakukan, menyusul nilai ekspor Jawa Timur ke beberapa negara mengalami penurunan, terutama komoditas di industri pengolahan.

Pernyataaan tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Jatim, Adhy Karyono, usai membuka Festival Ekspor di Surabaya. Terdapat sejumlah kendala yang dialami oleh Eksporter dari Jawa Timur, salah satunya, kebijakan impor yang ketat dari beberapa negara.

Berbagai upaya dilakukan, seperti menggelar Bussiness matching, Festival Skspor dan Pameran produk Ekspor, terutama yang berkaitan dengan industri pengolahan. Sedangkan industri pengolahan, masih mendominasi komoditas ekspor dari Jawa Timur.

Tercatat pada bulan Juni 2024,kinerja ekspor Jawa Timur mengalami penurunan dibanding bulan Mei 2024.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Jawa Timur, nilai ekspor Jawa Timur pada Juni lalu mencapai  1,89 Miliar Dolar Amerika Serikat. Ini berarti mengalami penurunan sebesar 10,79 Persen. Sedangkan pada Mei lalu mencapai  2,12 Miliar Dolar Amerika Serikat.


TERBARU