PHRI Jatim Laporkan Puluhan Akun Bisnis Hotel yang Diretas Hacker ke Polda Jatim

Jawa timur | Kamis, 15 Agustus 2024 | 16:10 WIB

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Perhimpunan Hotel, dan Restoran Indonesia atau PHRI Jawa Timur, melaporkan ada 61 akun Bisnis Hotel mengalami peretasan, kepada Direskrimsus Polda Jatim. Sejumlah korban mengalami kerugian, karena salah mentransfer uang ke rekening hacker.

Adanya peretasan 61 akun Bisnis Hotel, dan Restoran, di Surabaya, membuat PHRI Jawa Timur melaporkan aksi kejahatan ini ke Direskrimsus Polda Jawa Timur. Selain di Kota Surabaya aksi peretasan akun Bisnis ini, juga terjadi di sejumlah kota lain, di Indonesia yaitu di Jakarta, Semarang, Denpasar, Makassar. Pihaknya menduga peretasan tersebut dilakukan oleh warga lokal.

Karena nomor Whatsapp, atau WA dari beberapa Hotel yang terdapat, di akun Google Bisnis diganti, dengan nomor telepon lokal juga. Selain itu, akun rekening Bank juga di ganti di salah satu jaringan himpunan Bank milik negara. 

Pihaknya berharap, Agar masalah tersebut tidak berlarut-larut karena dapat mengganggu Bisnis dari masing-masing Hotel terlebih dilakukan secara masif. Pihaknya menghimbau kepada pihak Hotel untuk segera meng Updet akun Bisnisnya sehingga kejahatan hacker bisa diatasi.


TERBARU