Jelang Tahun Baru, Polisi Gerebek Pabrik Sabu Rumahan

Berita daerah | Kamis, 24 Desember 2020 | 15:19 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Satreskoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, berhasil membongkar praktik pembuatan sabu rumahan dengan bahan baku utama obat tertentu dan sejumlah bahan kimia yang mudah didapat di pasaran.

Salah satu inisiator pembuatan sabu rumahan ini mengaku nekat memproduksi sabu, karena tingginya permintaan sabu jelang pesta malam pergantian tahun baru mendatang.

Dari penggerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan enam orang tersangka.

Selain mengamankan para pelaku, petugas juga menyita sejumlah alat produksi dan bahan baku pembuatan sabu. Selain itu, disita pula alat-alat pendukungnya seperti tabung ukur, blender hingga aluminium foil.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, pihaknya berhasil membongkar praktik industri sabu rumahan tersebut berkat informasi masyarakat yang melaporkan adanya pembuatan sabu di kawasan Rangkah Surabaya.

Dari hasil penyidikan, diketahui bahwa tersangka I-W yang selama ini menjadi inisiator, dan dibantu lima orang tersangka lainnya.

Beruntung, para pelaku belum sempat memproduksi barang haram tersebut, lantaran berhasil digerebek jajarannya terlebih dahulu. Parahnya lagi, para pelaku nekat membuat sabu ini lantaran tingginya pesanan sabu jelang pesta pergantian malam tahun baru mendatang.

Sementara itu di hadapan Polisi, tersangka I-W mengaku belajar membuat sabu tersebut secara autodidak dari sosial media youtube. Bahkan, pelaku juga sempat menyebut, dari satu jurigen sekali pembuatan, bisa menghasilkan lima hingga tujuh gram sabu.

 

#Surabaya #Jatim #Sabu #Home #Industry #Youtube #Autodidak #Narkoba #DIY

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 


TERBARU