50 Camaba Dapat Golden Ticket Lolos Unair Surabaya Tanpa Seleksi

Berita daerah | Sabtu, 12 Maret 2022 | 18:41 WIB
Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Moh. Nasih saat Mengumumkan Peraih Golden Ticket Via Daring dan Luring (Sumber: Alfian Rahman / Kompastv Jawa Timur )

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengumumkan 50 orang calon mahasiswa baru camaba yang lolos masuk Unair tanpa tes dari jalur khusus penerimaan mahasiswa baru (PMBGolden Ticket tahun 2022. Mereka yang lolos dari Jalur tersebut merupakan siswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik luar biasa di sekolahnya masing masing.

Rektor UnairProf. Moh. Nasih menuturkan selain PMB melalui jalur SNMPTNSBMPTN dan jalur Mandiri, Unair juga membuka  jalur khusus untuk camaba berprestasi. Yakni jalur Golden Ticket.Untuk tahun ini sendiri peserta yang mendaftar untuk jalur golden ticket sebanyak 700 orang. Sementara yang diterima dari jumlah tersebut hanya 50 orang.

Para peraih Golden Ticket itu berasal dari berbagai sekolah di Indonesia. Seperti dari Surabaya, Banyuwangi, Tangerang Selatan, Cikarang Barat, Bandung. Beberapa di antara mereka adalah ketua OSIS, peraih medali emas pada olimpiade, penghafal kitab Al-Quran, dan prestasi non-akademik lainnya.

Secara spesifik, Golden Ticket nantinya akan masuk dalam kuota SNMPTN Unair. Namun tidak mengurangi kuota SNMPTN tahun 2022 ini . Penerima Golden Ticket tersebar di setiap fakultas. Mulai dari fakultas kedokteran, fakultas sains dan teknologi, fakultas ekonomi dan bisnis, hingga fakultas ilmu budaya.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Moh. Nasih Saat diwawancara Wartawan (Sumber: Alfian Rahman / Kompastv Jawa Timur )

"Klasifikasi dalam 2, yang kita umumkan hari ini 45 peserta, 5 sudah kemarin. Sebenarnya golden ticket ada 50 peserta.Yang kita umumkan hari ini bobot ekstra prestasinya lebih tinggi. Pilihannya sesuai dengan prestasi ekstra yang menjadi faktor yang melengkapi dan menambah dari prestasi intra akademiknya," kata Prof. Moh. Nasih, Rektor Unair kepada wartawan di Gedung Rektorat, Sabtu (12/3/2022).

Untuk kuota SNMPTN, Unair memiliki kuota 1.264 hingga 1.300 bagi mahasiswa baru dari 6.000 lebih jumlah kuota keseluruhan yang diterima Unair dari berbagai jalur tahun ini. Jumlah tersebut setara 20 persen dari total tiga jalur masuk yang dibuka UNAIR, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Namun persentase kuota itu disebut dinamis mengikuti kebijakan Unair selama angkanya berada pada minimal 20 persen. Sebagian besar camaba memilih Unair sebagai perguruan tinggi pertama di seleksi SNMPTN.

Terbukti,  total pendaftar Unair dalam SNMPTN mencapi 18 ribu peserta. Sedangkan kuota total yng disediakan Unair hanya 6.000 kursi. Diakui Nasih keketatan Unair bahkan naik untuk tahun ini hingga mencapai pada angka 6,8. Dengan begitu kesempatan atau peluang masuk Unair hanya 6 persen.


TERBARU