Kompas TV surabaya raya berita daerah

Siswa SMK di Sidoarjo Ciptakan Palang Pintu Pengukur Suhu

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 07:20 WIB
siswa-smk-di-sidoarjo-ciptakan-palang-pintu-pengukur-suhu
Sambut sekolah tatap muka yang mulai dilakukan kembali di Jawa Timur, 3 siswa SMK Antartika 2 di kabupaten Sidoarjo ciptakan bilik pengukur suhu tubuh berpalang pintu otomatis (Sumber: KompasTV Sidoarjo / Jack Robby)

Sidoarjo, KompasTV Jawa Timur. - Sambut sekolah tatap muka yang mulai dilakukan kembali di Jawa Timur, 3 siswa SMK Antartika 2 di kabupaten Sidoarjo menciptakan bilik pengukur suhu tubuh berpalang pintu otomatis.

Bilik ini sendiri tidak akan terbuka jika salah seorang siswa memiliki suhu tubuh di atas suhu normal.

Pembuatan bilik ini juga untuk mengurai kerumunan siswa, saat mengukur suhu tubuh mereka ketika hendak mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Baca Juga: Perhiasan Cantik Terbuat dari ASI

Ditangan 3 siswa SMK, jurusan Mekatronika bilik ini lahir. Berbekal dana sekitar 2 juta rupiah, dan waktu pengerjaan selama 1 bulan, mereka bisa merakit alat palang pintu otomatis ini.

Prinsip kerja bilik palang pintu ini dengan memanfaatkan sensor pengukur suhu tubuh, sensor ultrasonic, dan juga servo. Bilik ini dapat mendeteksi suhu tubuh siswa dan siswi hanya dengan memindai telapak tangan siswa maupun guru, tanpa harus menempelkan tangan mereka.

Baca Juga: Zona Oranye Covid-19, Pemkot Malang Siapkan Sekolah Tatap Muka

Palang pintu ini sendiri akan secara otomatis terbuka jika siswa ataupun guru terdeteksi memiliki suhu tubuh di bawah 37 derajat Celsius.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x