Kompas TV jember berita daerah

Aktivitas Semeru Masih Fluktuatif

Selasa, 26 Januari 2021 | 16:51 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Setelah lebih dari satu pekan erupsi, aktivitas vulkanik gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, saat ini masih fluktuatif.

Jika cuaca cerah, gunung tertinggi di pulau Jawa itu terpantau terus mengeluarkan lava pijar pada malam hari. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten setempat terus melakukan koordinasi dengan pos pengamatan gunung Semeru.,

Secara visual, gunung Semeru terlihat jelas dan tidak tertutup kabut (25/1). Sesekali terlihat letusan asap keluar dari puncak kawah Jonggring Saloko. Sementara pada malam hari, gunung yang mempunyai ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu, terlihat lelehan lava pijar.

Baca Juga: Aktivitas Kegempaan Gunung Raung Menurun

Sesuai laporan dari pos pengamatan gunung Semeru selama dua puluh empat jam terakhir, tercatat ada sepuluh kali lelehan lava pijar. Namun, lelehan lava pijar tersebut masih aman karena berada di daerah puncak dengan jarak luncur tiga ratus hingga lima ratus meter ke arah Besuk Kobokan. Sementara dari puncak, masih terlihat sinar api diam, dengan tinggi sekitar lima puluh meter.

Saat ini BPBD kabupaten setempat masih terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan petugas PVMBG di pos pengamatan gunung Semeru di gunung Sawur, desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro.

Selain itu, pihak BPBD juga sudah menyiapkan lima ribu masker sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu gunung Semeru terjadi erupsi kembali.

 

#Lumajang #Jatim #Semeru #Erupsi #Meletus #BPBD #mahameru #Lava #Lahar

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x