Kompas TV malang raya berita daerah

Menengok Pemeriksaan Kesehatan Lutung Jawa di Penangkaran

Kamis, 25 Februari 2021 | 12:39 WIB

Malang, KompasTV Jawa Timur. - Sebanyak 10 ekor Lutung Jawa menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum masuk dalam tempat karantina dan  rehabilitasi. Hewan primata yang dilindungi ini  merupakan hasil sitaan yang didapat oleh bksda serta hasil penyerahan dari masyarakat.


Pemeriksaan Lutung Jawa ini dilakukan oleh tim dokter dan relawan di tempat rehabilitasi Lutung Jawa ,Javan Langur Centre yang berada di kawasan wana wisata air terjun coban talun kota Batu.

Satu per satu putung jawa ini menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, mulai dari pemeriksaan penyakit menular seperti TBC, Herpes dan Hepatitis. khusus untuk kali ini lutung juga harus menjalani tes usap Covid 19.

Menurut Iwan Kurniawan, Project Manager JLC, pemeriksaan hewan primata ini dilakukan sebelum lutung masuk ke dalam tahap karantina dan  rehabilitasi, karena lutung lutung ini sebelumnya dipelihara oleh warga. Setelah menjalani proses rehabilitasi selama kurang lebih satu tahun, lutung lutung ini akan dikembalikan ke habitat aslinya.

Dalam pemeriksaan kesehatan ini, tim medis menemukan seekor lutung dengan sebuah proyektil di tubuhnya, pembedahan dan operasi kecil pun dilakukan untuk mengeluarkan proyektil yang bersarang di kaki lutung. Beruntung proyektil tidak sampai mengenai otot atau tulang, dan kondisi lutung juga dalam keadaan baik.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan Lutung Jawa yang masuk sebelum proses rehabilitasi terbebas dari penyakit berbahaya dan ada skrening tes Covid.

Melihat banyaknya lutung yang masuk ke JLC, ini menandakan bahwa  perdagangan Lutung Jawa masih marak dan masih ada perburuan lutung  di hutan lindung yang kurang pengawasan.

Rencananya pada bulan maret mendatang 7 ekor Lutung Jawa yang sudah melalui proses karantina dan rehabilitasi akan dilepasliarkan di hutan.

#Batu #Malang #Jatim #Lutung #Jawa #Hewan #Satwa #Langka #JLC #Javan #Langur #Centre

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x