Kompas TV madiun berita daerah

Budidaya Ayam Pheasant Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Jumat, 26 November 2021 | 14:08 WIB

Madiun, KompasTV Jawa Timur - Berawal dari ketertarikan terhadap aneka warna unggas hias, seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur, kini justru sukses mengembang biakkan unggas hias dari berbagai negara, dengan omzet seratus juta rupiah per bulan.

Ali Muktim, pemuda berusia 22 tahun warga Desa Pucanganom, kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, kini sukses mebudidayakan aneka macam unggas hias. Membudidaya unggas hias, mulanya berawal dari ketertarikan Ali terhadap keindahan warna ayam jenis silver Pheasant.

Karena ketertarikannya, lantas ia memutuskan untuk mengimpor satu pasang indukan ayam silver dengan harga 25 juta rupiah. Setelah berkembang biak beberapa ekor, anakan ayam silver Pheasant kemudian dia jual untuk membeli indukan unggas hias yang lain.

Ada beberapa spesies unggas hias yang saat ini ali kembangkan. Diantaranya silver Pheasant, lady amhers, golden Pheasant, reeves Pheasant khalij Pheasant, burung onta, dan bebek carolina. Unggas tersebut ia impor dari negara Cina, India, Thailand, dan Vietnam.

Semua unggas yang dikembangkan ini memiliki warna yang begitu cantik dan eksotis, sehingga harga jualnya sangat mahal. Setiap pasang indukan dijual mulai harga 5 juta hingga 35 juta rupiah. Peminatnya pun mulai kalangan artis, pengusaha hingga kalangan pejabat.

Mengembangbiakan unggas hias bukan satu pekerjaan yang mudah. Menurutnya harus memiliki kesabaran dan harus memiliki ketekunan. Apalagi masa reproduksi unggas hias yang cukup lama, yakni hanya satu kali dalam setahun.

Dengan cara memasarkannya melalui media sosial, kini peminat unggas hias nya telah merambah ke daerah, tak tanggung tanggung. Omzet dari usaha unggas hias ini mencapai 100 juta rupiah setiap bulannya.

#AyamPheasant #budidaya #AyamHias #ayam #golden #KicauMania #reeves #khalij #jatim #madiun

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x