Kompas TV jember berita daerah

Menunggu Kelahiran di Tengah Bencana Semeru

Selasa, 21 Desember 2021 | 14:19 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Pemerintah kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah rumah tunggu kelahiran bagi ibu pegungsi bencana gunung Semeru. Saat ini sudah ada sekitar lima orang yang sudah melahirkan dan empat belas orang yang masih hamil.

Inilah salah satu rumah tunggu kelahiran, yang ada di dusun Kedung pakis, desa Pasirian, yang menjadi tempat para ibu melahirkan tinggal sementara. Di tempat ini, sudah ada dua ibu melahirkan yang ditampung bersama anaknya.

Salah satunya adalah Putri Yulia, ibu melahirkan asal desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro. ia melahirkan anak pertamanya dengan cara sesar di rumah sakit umum Pasirian. Sebab, saat akan melahirkan ia masih trauma sehingga mempersulit proses kelahirannya.

Saat ini, ada sekitar lima orang ibu hamil yang sudah melahirkan ditempatkan di berbagai lokasi. Mereka dirawat secara khusus oleh sejumlah bidan secara bergantian. Hal ini dilakukan agar ibu melahirkan dan anaknya tersebut, bisa lebih nyaman daripada ditempatkan di lokasi  pengungsian. Para ibu melahirkan tersebut diperbolehkan tinggal di tempat tersebut hingga kondisinya membaik.

Hingga saat ini masih ada sekitar empat belas ibu hamil pengungsi yang terdata oleh Dinas Kesehatan tersebut, dan tersebar di berbagai tempat pengungsian. Jika sudah melahirkan, maka mereka akan ditempatkan di lokasi yang sudah disediakan pemerintah daerah setempat.

 

#lumajang #jatim #erupsi #gunung #semeru #bencana #awanpanas #abuvulkanik

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x