Kompas TV surabaya raya berita daerah

Wabah PMK, RPH Surabaya Perketat Dokumen dan Kesehatan Hewan

Rabu, 11 Mei 2022 | 13:32 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur. -Pemkot Surabaya melalui Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan, RPH Surabaya, melakukan upaya pencegahan merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku, PMK. Dengan menutup suplai sapi dari 4 wilayah suspek, serta memperketat dokumen surat kesehatan hewan.

Untuk mencegah masuknya wabah PMK di Kota Surabaya, RPH Surabaya segera mengambil langkah preventif, dengan menutup pasokan hewan ternak sapi dan kambing dari 4 wilayah suspek diantaranya Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, sejak hari minggu 8 mei lalu.

Selain menutup masuk nya hewan ternak dari 4 wilayah suspek tersebut, semua hewan yang datang ke RPH Surabaya juga diperiksa secara ketat dokumen serta kondisi kesehatan hewan ternak. Penyemprotan disinfektan di seluruh kandang hewan ternak dan mobil pengangkut hewan yang masuk juga dilakukan secara rutin. 

Baca Juga: Ratusan Sapi di Lumajang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku Atau PMK

RPH Pegirian Surabaya juga sudah melakukan pengujian sampel PMK ke laboratorium pusat Veteriner Farma, Pusvetma, pada tanggal 27 januari 2022. Dengan mengambil sample 61 serum, yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 50 ekor babi, dan hasilnya pada tanggal 11 april dinyatakan aman dari PMK.

 

#surabaya #jatim #penyakit #mulut #kuku #sapi #ternak #daging #rph

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram :https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter :https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x