Kompas TV surabaya raya berita daerah

IDAI Jatim Sebut Pasien Di Rumah Sakit dr Soetomo Bukan Hepatitis Akut

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:01 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur. -Ikatan Dokter Anak Indonesia, IDAI Jatim memastikan bayi berusia 10 bulan yang diduga mengidap hepatitis akut dan sedang dirawat di RSUD dr Soetomo bukanlah terjangkit hepatitis akut.

Ketua IDAI jawa timur, Sjamsul Arief menyebut hepatitis akut yang mulai banyak terjadi pada anak-anak bisa dideteksi dengan adanya pemeriksaan SGPT dan SGOT untuk melihat gejala kerusakan hati. Hasil pemeriksaan SGPT dan SGOT di atas 500 menunjukkan bahwa pasien dengan gejala hepatitis mengarah pada hepatitis akut atau hepatitis yang hingga saat ini masih belum terdeteksi asal muasalnya.

Menurut Sjamsul Arief , pasien bayi berusia 10 bulan yang semula diduga mengidap hepatitis akut dan tengah dirawat di RSUD dokter Soetomo Surabaya, tidak menunjukkan ciri-ciri hepatitis akut. Sebab hasil pemeriksaan SGPT dan SGOT menunjukkan angka di bawah 500, yakni 80 dan 100. Kondisi pasien saat ini juga terus berangsur membaik.

Berbeda dengan pasien meninggal di Tulungagung beberapa hari lalu yang hasil pemeriksaan SGPT dan SGOT-nya mengindikasikan terpapar virus hepatitis akut, dengan nilai rentang 5 ribu dan 10 ribu. Diduga pasien tersebut juga memiliki riwayat reaksi imunitas tubuh yang menurun.

Hingga saat ini IDAI Jatim memastikan belum ada kasus hepatitis akut yang ditemukan di Jatim. Hanya kasus di Tulungagung yang diduga mengarah ke hepatitis akut. Sementara kasus 114 anak yang semula didiagnosa mengidap hepatitis akut nyatanya hasil pemeriksaan laboratoriumnya tidak mengindikasikan mengidap hepatitis akut, lantaran hanya memiliki ciri-ciri kuning, demam, dan diare.

Meski begitu, IDAI Jatim meminta agar masyarakat tetap waspada dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Anak di bawah 16 tahun diimbau untuk tidak berenang di kolam renang umum dan menghindari playground untuk sementara waktu. Serta tetap menggunakan masker dan rutin mencuci tangan dengan sabun. Jika ada gejala demam, muntah, diare dan kuning, diharapkan segera mendatangi faskes terdekat untuk mendapatkan perawatan.

 

#surabaya #jatim #idi #idai #hepatitis #anak #gejala #kesehatan #hoax #klarifikasi

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram :https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter :https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x