Kompas TV jember berita daerah

Keren! Festival Seni Tari Eksotika Bromo 2022 di Probolinggo

Selasa, 14 Juni 2022 | 14:33 WIB

Probolinggo, KompasTV Jawa Timur - Festival Seni Tari bertajuk Eksotika Bromo, kembali digelar di Lautan Pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Tak hanya menampilkan Sendratari Hikayat Suku Tengger, festival ini juga menyuguhkan sendratari dari sejumlah daerah di Nusantara. Eksotika Bromo sekaligus menjadi rangkaian Upacara Yadnya Kasada, yang digelar pada 16 Juni ini.

Sajian seni tari yang bersanding dengan keindahan alam Bromo, menjadi konsep festival eksotika Bromo, yang digelar oleh kelompok sadar wisata masyarakat tengger, di Kaldera gunung Bromo, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Sejumlah seni tari dari berbagai wilayah nusantara, ditampilkan dengan latar gunung Bromo dan gunung batok. Para penampil baik seniman dari jawa timur maupun luar, masing - masing menyuguhkan tari khas masing-masing daerah.

Beberapa sendratari yang ditampikan diantaranya rampak jaranan dari Kediri, Reog Sardulo Djojo hingga tari kolosal kidung tengger. 

Dalam kidung tengger, diceritakan asal muasal yadnya kasada. Dimana disebutkan pasangan suami istri roro anteng dan joko seger bersumpah akan mengorbankan anaknya ke kawah Bromo jika dikaruniai anak.

Eksotika Bromo ke-empat yang sabtu-minggu ini menjadi suguhan gratis bagi wisatawan yang tengah menikmati libur akhir pekan di Bromo. Event ini sekaligus menjadi rangkaian yadnya kasada, sebelum memasuki acara puncak pada 16 juni ini.

Tak mudah menampilkan tarian daerah dengan sempurna di lautan pasir Bromo. Sebab selain menguras fisik, cuaca dingin dan angin kencang berdebur diatas ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, menyulitkan para seniman.

Sendratari kolosal yang digelar perdana pasca pandemi covid-19 ini, tak hanya memukai wisatawan lokal, namun juga membuat wisatawan mancanegara berdecak kagum.

 

#seni #budaya #eksotika #Bromo #tari #probolinggo #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x