Kompas TV jember berita daerah

1.403 Sapi di Jember Terpapar Virus PMK

Kamis, 16 Juni 2022 | 14:13 WIB

Jember, KompasTV Jawa Timur. -Merebaknya virus penyakit mulut dan kuku, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, melakukan pemeriksaan kesehatan sapi di Pasar hewan Kalisat, Jember, Jawa Timur. Lima ekor sapi ditemukan terpapar virus penyakit mulut dan kuku. Petugas melakukan vaksinasi dan penyemprotan disinfektan dan isolasi hewan tersebut.

Langkah selanjutnya kelima ekor sapi tersebut dipulangkan dan dilakukan isolasi di kandang yang terpisah dari hewan lainnya.

Ternak sapi yang terpapar mengalami luka di mulut dan gusi, suhu tubuh di atas 40 derajat dan kuku terluka hingga mengeluarkan cairan nanah.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ternak sapi gencar dilakukan petugas di tengah merebaknya virus penyakit mulut dan kuku terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha.

Merebaknya virus penyakit mulut dan kuku ini sempat membuat resah peternak maupun pedagang, namun dengan penanganan cepat berupa pengobatan dan memisahkan ternak yang terpapar, mereka mengaku tidak terlalu khawatir.

Baca Juga: Aksi Jambret Kalung Emas di Jember Berakhir Ditangkap Warga

Dari data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember, Jawa Timur, hingga per tanggal 15 juni 2022, terdapat 7 ekor ternak sapi yang mengalami kematian akibat terpapar virus PMK, 1.403 ekor terpapar namun kondisinya membaik.

 

#sapi #pmk #jember #wabah #virus #penyakit #mulutdankuku #vaksin #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x