Kompas TV madiun berita daerah

Wabah PMK Melonjak, Warga Ponorogo Kewalahan Kubur Bangkai Sapi

Selasa, 21 Juni 2022 | 13:01 WIB

Ponorogo, KompasTV Jawa Timur - Lonjakan wabah PMK semakin menggila di Ponorogo Jawa Timur. Puluhan ekor sapi dilaporkan mati setiap hari, sementara ratusan lainnya terinfeksi. Warga pun semakin kesulitan melakukan penguburan bangkai-bangkai sapi terpapar PMK.

Hari ini, 18 ekor sapi di Desa Pudak Kulon dan Desa Krisik, Kecamatan Pudak mati terinfeksi wabah PMK dan secara bergantian dikubur di pemakaman massal di hutan desa setempat.

Hampir setiap hari sejak sepekan terakhir, puluhan ekor sapi di Kecamatan Pudak, mati akibat wabah yang sama. Sementara, 5 ribu ekor lebih kini terinfeksi wabah PMK.

Ratusan warga di 6 desa di Kecamatan Pudak, kini kewalahan melakukan penguburan bangkai-bangkai sapi yang mati akibat terpapar wabah PMK. Selain lokasi yang jauh dan sulit dijangkau, warga juga kesulitan mengevakuasi bangkai dan menggali lubang-lubang besar dengan cara manual. 

Dari data Desa dan Kecamatan, sejak wabah melanda, dilaporkan telah 500-an ekor sapi mati, sementara ribuan lainnya terinfeksi. Selain berharap penanganan serius terkait pengobatan, warga juga berharap bantuan alat berat untuk proses penggalian tanah untuk bangkai sapi.

Beberapa lokasi pemakaman masal, kini juga mulai membusuk. Pasalnya warga juga harus fokus pada pengobatan dan perawatan sapi-sapi mereka yang masih tersisa.

Dinas setempat telah menambah tenaga medis hewan dan suply pengobatan, namun hingga kini, angka kesembuhan sapi terpapar PMK masih rendah. Justru kematian, masih terus terjadi setiap hari.

 

#wabah #pmk #sapi #bangkai #penyakit #virus #ponorogo #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x