Kompas TV jember peristiwa

Tanggul Jebol Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:00 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Akibat diterjang banjir lahar hujan Gunung Semeru, tanggul sepanjang 50 meter di Lumajang, Jawa Timur, jebol pada Senin pagi. Selain derasnya banjir lahar Gunung Semeru, tanggul tersebut jebol diduga lantaran adanya aktivitas penambangan pasir di dekat tanggul.

Inilah tanggul penahan banjir lahar dingin Gunung Semeru, di Desa Bago, Kecamatan Pasirian. Tanggul ini tidak kuat menahan derasnya aliran banjir lahar yang cukup besar.

Menurut warga, banjir lahar ini terjadi setelah kawasan puncak Gunung Semeru diguyur hujan cukup deras. Akibatnya, sejumlah aliran sungai yang berhulu di gunung tertinggi di pulau Jawa itu, dipenuhi oleh material banjir lahar.

Jebolnya tanggul tersebut, mengakibatkan aktvitas warga yang biasa melalui tempat ini, terganggu. Sebab, tanggul tersebut biasa dilewati oleh warga di 2 desa, yakni Desa Bago dan Desa Bades.

Selain derasnya aliran banjir lahar, warga menduga jebolnya tanggul tersebut akibat adanya aktivitas penambangan pasir dengan menggunakan alat berat, yang terlalu dekat dengan tanggul. Akibatnya, tanggul terkikis air banjir dan jebol.

Akibat kejadian ini, sejumlah penambang pasir yang biasa menambang di tempat tersebut, harus berhenti sementara sampai ada proses perbaikan.

 

#tanggul #jebol #semeru #lumajang #banjir #penambang #pasir #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x