Kompas TV surabaya raya berita daerah

Gadis Asal Gresik Protes Amerika, Jerman dan Australia Soal Ekspor Sampah Plastik

Selasa, 28 Juni 2022 | 12:53 WIB

Gresik, KompasTV Jawa Timur - Seorang anak di kabupaten Gresik, Jawa Timur, mampu menyedot perhatian dunia sebagai salah satu pemerhati lingkungan. Bahkan kini film dokumenternya terkait sampah plastik viral di Jerman.

Aeshnina Azzahra Aqilani, seorang anak yang beranjak remaja asal Desa Wringinanom, Gresik, Jawa Timur, menjadi perhatian dunia setelah melayangkan surat terbuka pada sejumlah duta besar negara maju, seperti Amerika Serikat, Jerman dan Australia, beberapa waktu lalu.

Kini, bersama beberapa teman-temanya yang tergabung dalam Komunitas Penjaga Sungai, River Warrior, Nina menyusuri Kalimas, anak sungai Surabaya, guna melakukan pendataan sampah plastik apa saja yang mencemari sungai tersebut.

Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, namun sejatinya dilakukan untuk mengetahui apakah sampah-sampah yang mencemari sungai itu termasuk dalam limbah rumah tangga atau limbah industri.

Selain itu, Nina dan kawan-kawanya juga melakukan sejumlah riset, seperti melakukan pengetesan air sumur yang ada disekitar rumah Nina.

Dengan menggunakan alat seperti termowater dan alat uji mikro plastik, guna mengetahui kandungan air sumur yang dikonsumsi rutin warga sekitar.

Tidak sampai disitu, sampel air sumur ini juga diteliti dalam ruang laboratorium yang tersedia guna memastikan air sumur tersebut aman digunakan masyarakat.

Begitu perhatianya terhadap lingkungan, membuat nina mampu menjadi magnet bagi pemuda pemudi sekitar yang juga peduli terhadap keberlangsungan ekosistem alam bagi masa depan.

Bahkan kini, film dokumenter remaja yang akan memasuki sekolah setara sma ini viral di Jerman, Eropa.

Semua itu tidak lepas dari peran orang tuanya, salah satunya ibunda tercinta, yang getol dan juga sebagai salah satu aktivis pemerhati lingkungan.

Tidak ada paksaan bagi ketiga anak mereka, namun Nina, memang secara alamiah terbentuk menjadi pemerhati lingkungan sedari dini dibanding kedua kakaknya.

 

#gresik # Aeshnina #ecoton #greenpeace #sampah #aktivis #lingkungan #germany #usa

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x