Kompas TV kolom opini

Nasib TPQ Di Masa Pandemi

Selasa, 5 Juli 2022 | 11:37 WIB
nasib-tpq-di-masa-pandemi
Taufiqurohman, Direktur TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid - TPA Percontohan Provinsi D.I. Yogyakarta (Sumber: Dok. Istimewa)

KompasTV Jawa Timur - Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan serta tantangan dunia pendidikan di masa depan yang bergantung dengan penggunaan teknologi. Meminjam istilah sosiolog posmodern Anthony Giddens, tidak sedikit lembaga pendidikan yang menaruh pilihan pada penggunaan teleconference sebagai pengejawantahan dari dimensi institusional modernitas. Hal ini tak terkecuali lembaga pendidikan non formal misalnya TPA/TPQ, Rumah Tahfidz, TKQ dan lain sebagainya.

Mengutip pendapat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, bahwa teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru, dosen, ustadz dan interaksi belajar antara murid dengan guru, santri dengan ustadz, mahasiswa dengan dosen. Sebab pendidikan, pengajaran dan pembelajaran bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, karakter, kerja sama, serta kompetensi. Teringat ucapan seorang tokoh kyai “pendidikan bisa diajarkan melalui media online, namun kedisiplinan dan mental tidak mampu dijangkau oleh media online.

Maka, sekalipun dunia terbakar (pengandaian terhadap situasi terburuk), perjuangan untuk generasi mendatang harus tetap diperjuangkan dan dilaksanakan”. Senada dengan hal itu, Eddy Henry, Head of ECED Tanoto Foundation mengemukakan “Kita bisa menekan tombol pause untuk beberapa kegiatan, tapi kita tidak bisa melakukannya kepada pertumbuhan anak- anak kita.” (Webinar Tanoto Foundation, Proses Belajar Mengajar PAUD dengan Keterbatasan Teknologi Informasi, 27 April 2020)

Bagi Pendidikan al-Qur’an, tantangan ini cukup berat bila melihat kompetensi dan muatan yang ada pada kurikulum yang digunakannya. Pendidikan al-Qur’an yang selama ini menitikberatkan metode pengajarannya dengan model klasikal, mengharuskan praktik mengajar dengan bertatap muka antara ustadz dan santri, juga predikat santri yang secara etimologi menunjukkan proses penempaan pendidikan- pengajaran jauh lebih berat dan intens dibanding terminologi ‘siswa’.

Merujuk pendapat Zamakhsyari Dhofier ; kata santri berasal dari ikatan kata “sant” (manusia baik) dan “tri” (suka menolong) sehingga dapat dimaknai manusia baik yang suka menolong dan bekerja sama. Prof. John mengatakan hal senada bahwa kata santri berasal dari bahasa Tamil yang berarti “guru mengaji”. Selanjutnya, Clifford Geertz berpendapat kata santri berasal dari bahasa India atau sansakerta yaitu “shastri” yang berarti ilmuwan Hindu yang pandai menulis, melek huruf (kaum literasi) atau kaum terpelajar.

Terakhir, Nurcholis Madjid menegaskan bahwa kata santri berasal dari bahasa Jawa “cantrik” yang berarti seseorang yang selalu mengikuti guru, di mana pun guru itu menetap, dan ia digembleng habis-habisan di kawah condrodimuko untuk menjadi manusia sakti yang bermanfaat berjiwa pahlawan.

Dengan demikian, dimensi pendidikan dan pengajaran santri jauh lebih luas cakupannya, tidak hanya mendidik pada aspek pengetahuan umum, namun juga pada aspek mendidik bab agama (baca-al-Qur’an) serta turunannya. Lebih jauh lagi, jika ditelisik lebih jauh, tantangan pada dunia Pendidikan al-Qur’an jauh lebih kompleks dan beragam. Belum adanya metode praktis berbasis teknologi tentang pengajaran al-Qur’an ikut mendorong persoalan ini lebih pelik.

Editor : Finsa Firmansyah

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x