Kompas TV surabaya raya berita daerah

Lazisnu Jatim Kirim Kurban ke Kampung Bawah Tol Surabaya

Rabu, 13 Juli 2022 | 15:02 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Anak-anak berlarian kegirangan saat melihat Tim NU Care-Lazisnu Jawa Timur menuntun dua ekor kambing memasuki kawasan Kampung Seribu Satu Malam di Kecamatan Krembangan Surabaya, Selasa (12/07/22) siang. Setelah menaiki perahu untuk menyeberangi kali di bawah tol Dupak Surabaya, anak-anak ikut serta mengirigi pengiriman hewan kurban menuju kampung mereka melewati rumah-rumah yang terdapat di bawah tol tersebut.

Sigit, Ketua Kampung Seribu Satu Malam mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada proses penyembelihan hewan kurban di kampungnya. Warga hanya merasakan syiar Idul Adha melalui gema takbir dan shalat id. Sedangkan untuk mendapatkan daging qurban, kebanyakan dari mereka berburu daging ke masjid-masjid di kampung sekitar.

“Biasanya kalau Idul Adha kampung sini sepi karena warga menyebar keliling dari satu masjid ke masjid yang lain untuk mencari daging qurban. Kadang dikasih dan kadang juga tidak. Alhamdulillah tahun ini kami bisa menyembelih kurban sendiri atas bantuan beberapa lembaga, salah satunya Lazisnu Jawa Timur. Karena kami ini kan kebanyakan pemulung jadi tidak mampu untuk berkurban sendiri,” ujar Sigit.

Sigit melanjutkan, di kampung ini terdapat 180 kepala keluarga. Mereka tinggal di lahan tak bertuan yang berdempetan dengan jalan tol Dupak Surabaya. Sebagian bahkan tinggal di bawahnya alias beratapkan jalan tol dengan sekat-sekat yang terbuat dari triplek bekas.

“Kalau masuk ke kampung sini memang harus melewati bawah tol tadi. Dan di situ ada sekitar 17 kepala keluarga yang tinggal di bawahnya,” ungkap Sigit.

Karena itu, mewakili seluruh warga Sigit sangat berterima kasih kepada para pekurban yang telah mempercayakan qurbannya kepada NU Care-Lazisnu Jatim sehingga qurbannya bisa sampai ke kampungnya. Ia juga berharap mudah-mudahan ini bisa dilakukan setiap tahun karena warganya memang benar-benar tidak mampu.

Menurut Wakil Ketua NU Care-Lazisnu Jawa Timur Mohammad Sueb, pihaknya memang sangat fokus untuk mengirimkan hewan kurban ke daerah-daerah yang minus seperti di Kampung Seribu Satu Malam ini. Selain mengirimkan dua ekor kambing untuk disembelih, pihaknya juga mengirimkan 120 paket daging kurban yang sudah disembelih dan dikemas di rumah ternak binaan NU Care-Lazisnu Jawa Timur di Sidoarjo.

“Jujur kami terharu menyaksikan betapa bahagianya warga dan anak-anak melihat langsung proses penyembelihan hewan kurban di sini. Makanya sebagian kami kirim dalam bentuk hewan hidup agar syiar syariat kurban menggema di kampung ini. Sebagian lagi sudah sembelih dan dikemas supaya memudahkan proses distribusi,” kata Sueb.

Selain kepada warga Kmpung Seribu Satu Malam, Sueb melanjutkan, NU Care-Lazisnu Jawa Timur juga membagikan sekitar 120 paket daging kurban untuk para pemulung di kawasan tempat pembuangan akhir (TPA) Jabon Sidoarjo, lereng Bromo Probolinggo, Sumenep, Jombang dan Jember.

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x