Kompas TV malang raya berita daerah

Unik ! Warga di Malang Berebut Gunungan Batik

Selasa, 19 Juli 2022 | 11:38 WIB

Malang, KompasTV Jawa Timur - Jika biasanya gunungan berisi sayuran atau hasil bumi, namun di Kota Malang ada gunungan yang berisi kain batik. Setelah diarak gunungan batik ini pun langsung ludes diperebutkan oleh warga.

Tak sampai satu menit, dua gunungan berisi kain Batik Celaket Khas Malang ini langsung ludes diserbu warga baik pria maupun wanita. Gunungan batik ini adalah salah satu atraksi yang ada di Pasar Senggol dan Budaya Kampung Celaket Kota Malang. Sebelum diperebutkan oleh warga, gunungan kain batik ini diarak keliling bersama dengan pertunjukan kesenian rebana. Setelah sampai di lokasi Gedung Kesenian warga pun langsung menyerbu gunungan batik ini.

Hanan Jalil, penggagas pasar senggol dan budaya ini menjelaskan, Kampung Celaket dikenal dengan kain batiknya maka dirinya pun memiliki gagasan batik celaket sebagai gunungan untuk diperebutkan warga. Selain itu dalam kegiatan ini, juga sebagai langkah untuk membangkitkan kembali UMKM dan Pekerja Seni di Kota Malang khususnya Kampung Celaket setelah mengalami keterpurukan selama pandemi covid 19.

Kedepannya, Pasar Senggol dan Festival Budaya Kampung Celaket Kota Malang ini digelar setiap Sabtu dan Minggu untuk memberi wadah bagi pelaku UMKM di Kota Malang.

 

#batik #khas #calaket #malang #budaya #seni #kain #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x