Kompas TV surabaya raya berita daerah

Antisipasi Tanggul Lahar Semeru Jebol Petugas Tutup Jalur Truk Pasir

Senin, 25 Juli 2022 | 12:55 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Lantaran sering dilalui truk pasir, tanggul penahan lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur ditutup oleh tim gabungan, pada Minggu pagi. Hal ini dilakukan agar tanggul yang dijadikan penahan banjir lahar semeru tidak jebol.  

Petugas Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, pada Kementerian Pekerjaan Umum, melakukan penutupan terhadap tanggul yang kerap dijadikan jalan oleh warga Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, untuk membawa pasir maupun kayu. Untuk mengantisipasi penolakan warga, sejumlah petugas kepolisian maupun TNI setempat, ikut mendampingi penutupan tersebut.

Penutupan dilakukan dengan cara memasang dua buah drum yang ditaruh batu besar kemudian di cor. Petugas hanya menyisakan jalan untuk roda dua saja, karena di seberang sungai masih ada pemukiman warga. 

Sebelumnya, dua tanggul dan cek dam di aliran Sungai Rejali sudah jebol. Selain adanya dorongan banjir lahar, diduga jebolnya tanggul tersebut akibat sering dilalui kendaraan berat dan penambangan pasir yang terlalu dekat dengan tanggul. Akibatnya, tanggul tergerus air lalu jebol.

 

#tanggul #gunung #semeru #penambang #pasir #lumajang #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x