Kompas TV surabaya raya berita daerah

Belasan Mantan Jemaah Islamiyah Ikrar Setia NKRI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:07 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - 15 orang mantan anggota Jemaah Islamiah, mengucapkan ikrar kesetiaan NKRI dan Pancasila di Gedung Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Dengan dilangsungkannya prosesi ini, maka Bai'at mantan anggota Jemaah Islamiah ini resmi dicabut.

15 orang mantan anggota Jemaah Islamiah, mengucapkan ikrar kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila. Ikrar setia NKRI, disampaikan di Gedung Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Usai berikrar, mantan anggota Jemaah Islamiah ini kemudian menandatangani perjanjian setia terhadap NKRI dan mencium Bendera Merah Putih sebagai simbol bahwa mereka telah menjadi Warga Negara Indonesia yang utuh.

Menurut Direktur Identifikasi dan Sosial Densus 88 Antiteror Brigjen Pol Arif Makhfudiarto, ke 15 peserta Cabut Bai'at ini mengikuti ikrar tanpa adanya upaya penegakan hukum atau melalui Restorative Justice.

ke 15 mantan Jemaah Islamiah yang telah dicabut Bai’at nya ini, terdiri dari latar belakang yang berbeda beda. Mulai dari Dosen hingga Dokter. Merekapun memiliki peran yang beragam di dalam Organisasi Islam Jemaah Islamiah. Salah satunya yakni sebagai penceramah.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan terus berkoordinasi, untuk mencegah menjamurnya faham yang bertentangan dengan prinsip negara.

Selain itu antisipasi juga dilakukan terutama terhadap potensi gangguan ketertiban masyarakat akibat kelompok atau faham tertentu. 15 orang mantan anggota Jemaah islamiah juga akan dilibatkan dalam upaya ini.

Diharapkan usai cabut Bai'at ini, nantinya para peserta dapat kembali ke masyarakat dengan baik. Serta mengajak para pengikut organisasinya dulu, untuk kembali ke NKRI.

 

#Jemaah #islamiyah #nkri #radikalisme #faham #densus88 #pancasila #surabaya #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x