Kompas TV surabaya raya berita daerah

Terjunkan Tim, Kemenag Jatim Jelaskan Kronologi Tewasnya Santri di Ponorogo

Rabu, 7 September 2022 | 17:08 WIB

Sidoarjo, KompasTV Jawa Timur  - Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, memastikan tidak akan memberikan sanksi ataupun mencabut ijin operasional Pondok Pesantren Gontor, usai salah satu santrinya, meninggal dunia yang diduga mendapatkan tindak kekerasan, setelah melaksanakan perkemahan Kamis Jumat, Agustus lalu. Meski demikian pihak kemenag, tengah merancang edaran, terkait dengan tata kelola santri, dan juga komunikasi dalam Pesantren.

Usai menerjunkan timnya, akhirnya Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, menyampaikan hasil sementara temuan, terkait meninggalnya salah satu santri Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, yang masih berusia 17 Tahun, berinisial AM diduga merupakan korban kekerasan yang dilakukan oleh santri senior di dalam Ponpes tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Mohammad As'adul Anam. Kejadian tindak kekerasan tersebut, terjadi hanya karena kesalahpahaman saat pengembalian alat antara santri senior dengan korban. Dimana pada saat itu, korban dipercaya menjadi Ketua Panitia Perkemahan Kamis-Jumat yang sudah kerap dilaksanakan di Pesantren tersebut.

Meski telah merenggut nyawa seorang santrinya, namun pihak Kemenag Jatim tidak akan memberikan sanksi kepada pihak Yayasan Pondok Pesantren Gontor, karena selain terbuka dalam proses pemeriksaan pemicu penganiayaan ini berasal antara santri senior dengan santri junior. 

Baca Juga: Polres Ponorogo Gelar Pra-Rekonstruksi Tewasnya Santri di Ponpes Gontor

Meski demikian untuk mencegah peristiwa yang serupa. Pihak Kementerian Agama kini tengah menyusun surat edaran yang berisi tentang tata kelola santri dan juga tentang komunikasi antar santri yang nantinya akan disetujui oleh Ormas dan juga pesantren yang khususnya ada di Jawa Timur.

 

#kemenag #ponpes #gontor #jatim #santri #modern #ponorogo #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x