Kompas TV surabaya raya peristiwa

Hotel Yamato Saksi Bisu Peristiwa Perobekan Bendera Belanda Arek-arek Suroboyo

Senin, 19 September 2022 | 15:18 WIB

Surabaya, Kompas TV Jawa Timur - Tanggal 19 September 1945 merupakan hari bersejarah bagi warga Indonesia khususnya warga kota Surabaya. Karena pada tanggal tersebut, terjadi peristiwa perobekan warna biru pada bendera Belanda di Hotel Yamato. 

Peristiwa ini kemudian dikenang, dan kembali dihadirkan dalam drama kolosal oleh arek arek Suroboyo. 

Lantunan musik menjadi pembuka drama kolosal berkibarlah benderaku. Drama ini menceritakan peristiwa perobekan bendera Belanda, didepan Hotel Majapahit yang dulunya dikenal sebagai Hotel Yamato. Sebanyak 1.200 orang berkumpul dan berakting sesuai peran masing masing. Mulai dari warga Pribumi hingga penjajah Belanda. 

Situasi kota Surabaya yang tenang, tiba tiba berubah saat sekelompok penjajah Belanda datang. Keinginan warga Indonesia untuk merdeka semakin kuat. Hal tersebut ditunjukkan oleh salah seorang warga yang dengan berani memanjat gedung Yamato, dan merobek warna biru pada bendera Belanda. Hingga menyisakan warna merah dan putih, yakni bendera Indonesia. 

Gemuruh teriakan merdeka lantang, oleh Wali kota Surabaya Eri Cahyadi. Pertanda bahwa perjuangan telah mencapai puncak. Sebagai penutup dan tanda kemenangan, bendera merah putih sepanjang 800 meter pun dibentangkan oleh segenap warga. 

Drama kolosal ini, merupakan rangkaian acara menuju hari Pahlawan 10 November. Melalui drama kolosal ini, Eri Cahyadi berpesan bahwa arek arek Suroboyo memiliki jiwa Pahlawan luar biasa yang patut dipertahankan. 

 

#drama #perobekan #bendera #merahputih #belanda #hotel #yamato #surabaya #sejarah #pahlawan

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x