Kompas TV jember peristiwa

Tebing Lereng Bromo Longsor Puluhan Anggota Keluarga Terisolir

Kamis, 6 Oktober 2022 | 13:07 WIB

Probolinggo, Kompas TV Jawa timur - Hujan deras mengguyur lereng gunung Bromo sejak selasa sore, membuat 3 tebing di 3 Kecamatan berbeda di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, longsor. Meski tidak menelan korban jiwa, namun puluhan kepala keluarga terisolir akibat musibah itu. 

Salah satu titik terparah longsor yang terjadi di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, berada di dusun Puncak Sari, desa Sapeh, Kecamatan Lumbang.

Dalam rekaman video amatir yang direkam warga, terlihat detik-detik saat jalan desa sepanjang 25 meter dengan lebar 3 meter longsor ke dalam jurang sedalam 100 meter.

Beruntung longsor tidak sampai mengenai rumah warga yang berada tepat di bahu jalan. Putusnya jalan desa, membuat dusun Puncak Sari yang didiami sekitar 80 kepala keluarga terisolir.

Dengan putusnya jalan desa, membuat warga yang dibantu anggota TNI-POLRI, membuat jalan darurat dari tumpukan batu di depan rumah warga.

Longsor di kawasan lereng Bromo ini terjadi setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras selama 5 jam. Kondisi tanah labil membuat jalan yang terbuat dari beton longsor ke dalam jurang.

Tidak hanya di desa sapeh, longsor juga terjadi di desa Wonokerso, Kecamatan Sumber dan desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura. Hanya saja, di dua lokasi ini, longsor tidak sampai mengisolasi jalan desa.

Hingga rabu siang, proses perbaikan jalan masih dilakukan. Diimbau agar warga selalu waspada lantaran instensitas hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan longsor susulan.

 

#longsor #gunungbromo #hujan #cuacaburuk #bencanaalam #bpbd #bmkg #probolinggo

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvSurabaya

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x