Kompas TV malang raya berita daerah

Kreativitas Kerajinan Artistik Berbahan Kain Perca Bernilai Ekonomi

Senin, 5 Desember 2022 | 12:00 WIB

Malang, Kompas TV Jawa timur - Kain perca, atau limbah kain, yang  terbuang, di tangan puluhan ibu  rumah tangga, di Malang, dibuat menjadi  beragam kerajinan tangan bernilai jual.  Usaha daur ulang  limbah kain ini, juga  mampu mengatasi permasalah  limbah, yang menumpuk.   

Inilah aneka kerajinan tangan artistik, yang diolah dari kain perca, atau limbah konveksi, dan garmen, di Malang. Dengan kreativitas , dan ketekunan limbah  kain  ini dimanfaatkan  ibu-ibu rumah tangga, menjadi aneka kerajinan, seperti hiasan dekorasi ruangan, taplak meja, dompet, tas, tempat menyimpan  peralatan tulis, dan kerajinan tangan lainnya, yang  bernilai jual.

Sebelumnya para ibu rumah tangga  ini mendapatkan  pelatihan  memanfaatkan  kain  perca, oleh  komunitas  kain  perca, Malang. Sehingga mereka  akhirnya  memiliki ketrampilan, dan kreativitas  mendaur ulang  kain perca, dan limbah garmen, menjadi barang bermanfaat.

Dewi Trikumolo, salah satu ibu rumah tangga, yang memiliki ketrampilan  mendaur ulang kain perca, dan limbah garmen  ini setelah  ikut pelatihan, antusias mengembangkan  kerajinan limbah kain ini menjadi  limbah kain ini menjadi usaha  rumahan yang bisa  mendatangkan rupiah.

Sementara itu  komunitas kain perca  berharap, bekal  ketrampilan  mendaur ulang kain perca, limbah konveksi, dan garmen ini, selain bisa  mengurangi masalah limbah kain, hasil kerajinan limbah kain ini bisa menjadi usaha, yang mampu membuka  lapangan  kerja. 

 

#kerajinan #kainperca #malang #ibu #rumahtangga #kreatif #bisnis #umkm #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/KompastvJawaTimur/

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x