Kompas TV jember kesehatan

Ini Dia Minuman Cendol Kelor Nikmat Kaya Vitamin, Sudah Coba ?

Jumat, 23 Desember 2022 | 14:00 WIB

Jember, Kompas TV Jawa Timur - Sekelompok ibu rumah tangga di Kabupaten Jember berkreasi membuat minuman sehat, dengan memanfaatkan daun tanaman kelor, yang banyak tumbuh di sekitar rumah. Selain nikmat, minuman  cendol kelor,  kaya  vitamin ini semakin segar rasanya diminum dengan es  batu.

Para ibu rumah tangga ini, merupakan kader posyandu, di Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Jember. Mereka mengolah daun kelor menjadi cendol, yang dicampur dengan jeli dan susu ultra high temperatur atau UHT. Pembuatannya mudah, yakni cuci daun kelor, lalu haluskan dan rebus dengan air secukupnya.

Kemudian campur  rebusan daun kelor, dengan gula, dan garam secukupnya, hingga mendidih. Selanjutnya padatkan dengan cara didinginkan, dan potong kecil-kecil. Tuangkan susu UHT di atas irisan cendol kelor, dan beri pemanis sesuai selera.

Minuman  cendol kelor baik dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui dan warga lanjut usia, karena mengandung vitamin a, vitamin b-6, vitamin c, zat besi, magnesium, asam amino, dan antioksidan.

Dengan bantuan pihak kelurahan, cendol kelor dipasarkan ke warga setempat, dan menghasilkan rupiah. Satu botol cendol kelor berisi 220 mililiter, dijual seharga sepuluh ribu rupiah,

Baca Juga: PT KAI Operasikan 18 Perjalanan Kereta Api Pada Momen Nataru 2022-2023

Nah, bagi anda yang memiliki tanaman kelor di rumah, bisa diolah menjadi cendol. Minuman cendor semakin segar, jika dicampur es.

 

#minuman #cendol #kelor #jember #herbal #vitamin #segar #kuliner #alami #indonesia

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,KompastvJawaTimur,

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x