Kompas TV surabaya raya berita daerah

Bea Cukai Gresik Fasilitasi Business Matching Offline Buyer Jepang dengan Industri & UMKM

Kamis, 19 Januari 2023 | 15:11 WIB
bea-cukai-gresik-fasilitasi-business-matching-offline-buyer-jepang-dengan-industri-umkm
Atase KBRI Tokyo bersama Buyer Jepang dan Bea Cukai Gresik Kunjungi Proses Produksi Wood Pellet (Sumber: Dedi Heriyanto / KompasTV Jawa Timur)

Gresik, KompasTV Jawa Timur - Atase Keuangan KBRI Tokyo bersama buyer Jepang laksanakan kunjungan ke Bea Cukai Gresik pada Rabu, 18 Januari 2023. Duta Besar RI untuk Jepang, Ir. Heri Akhamadi, yang diwakilkan tim Atase Keuangan KBRI Tokyo, buyer Jepang, Disperindag Gresik, Diskoperindag Gresik, serta para UMKM di Gresik dan Lamongan laksanakan Business Matching bersama.
    
Kegiatan diawali dengan kunjungan ke 2 perusahaan produksi wood pellet yaitu PT Multi Indowood dan PT Kaliandra Merah Nusantara. Pada kesempatan ini dilaksanakan office tour untuk melihat proses bisnis perusahaan. Memproduksi wood pellet yang digunakan sebagai pemasok untuk pembangkit listrik, industri khusus, perumahan dan boiler.

Dilanjutkan dengan pelaksanaan Business Matching di Aula Bea Cukai Gresik, Kepala Kantor Bea Cukai GresikWahjudi Adrijanto, menyambut hangat kegiatan ini dan berharap dapat terjadi kerja sama yang bagus antara para buyer dengan UMKM. Sambutan oleh Diskoperindag Gresik yang diwakili Kabid Perindustrian, Sunik, menyampaikan harapanya semoga kerja sama yang telah terjalin antara Bea Cukai, Pemda dan juga KBRI dapat terus berjalan. Selain itu Disperindag Lamongan yang diwakili Kabid Perdagangan Luar Negeri, Choiruddin, menyampaikan dengan kegiatan BM ini akan ada kecocokan terhadap produk UMKM, tidak harus berupa transaksi akan tetapi rasa ketertarikan buyer terhadap produk UMKM

Dalam kegiatan Business Matching ini juga dibuka sesi tanya jawab kepada para UMKM untuk bisa memaparkan lebih lanjut kualitas produk mereka. Disampaikan pula bahwa buyer Jepang membutuhkan banyk Wood Pellet untuk power plan dan memberikan tantangan kepasa industri Wood pelet Gresik dan Lamongan untuk bisa b to b satu kapal curah dengan kapasitas kurang lebih 20.000 ton. Dalam kegiayan ini dilaksanakan juga pameran produk - produk UMKM Lamongan dan UMKM Muslimat NU Lamongan dimulai dari makanan ringan hingga batik.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x