Kompas TV malang raya berita daerah

Kerajinan Clay Karya Ibu Rumah Tangga Tembus Pasar Mancanegara

Rabu, 25 Januari 2023 | 17:05 WIB

Malang, Kompas TV Jawa Timur - Konsisten dan kerja keras, menjadi kunci seorang ibu rumah tangga di Kota Malang dalam mengembangkan bisnis. Berbekal kerja kerasnya, ibu rumah tangga ini, berhasil merambah pasar Amerika dengan membuat kerajinan clay buatannya.

Di rumahnya jalan Kavaleri, Bunul Kota Malang inilah, Rochmi Indrawati mengembangkan bisnis kerajinan clay atau adonan tepung tanah liat sintetis, sejak 2014 silam. Dibantu belasan karyawannya, dalam sehari rochmi bisa menghasilkan 150 karakter clay. 

Karakter film kartun, menjadi karakater yang paling banyak dipesan. Selain itu, momen perayaan agama juga banyak memunculkan karakter clay tertentu. Dari total produksinya, 80 persen produksinya merupakan karakter luar negeri, sisanya merupakan karakter dalam negeri, seperti tokoh topeng malangan dan pewayangan.

Untuk saat ini, pasar Amerika dan sejumlah negara Eropa menjadi pasar terbesar clay milik Rochmi. Namun, invasi rusia ke ukraina serta kencangnya isu resesi dunia berdampak negatif pada jumlah pesanan. Saat kondisi normal, total produksi berkisar antara 5000 hingga 6000 buah per bulan. Di awal perang Rusia, jumlah pesanan sempat menurunkan produksi hingga 50 persen.

 

#clay #kerajinan #unik #malang #kreatif #umkm #bisnis #luarnegeri

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,KompastvJawaTimur,

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x