Kompas TV surabaya raya berita daerah

Inovasi 2 Mahasiswa Universitas Hayam Wuruk Surabaya Ciptakan Tempat Sampah Cerdas

Selasa, 21 Februari 2023 | 17:18 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - 2 Mahasiswa  Universitas Hayam Wuruk Surabaya, membuat inovasi tempat sampah cerdas,  untuk memudahkan  saat membuang sampah, namun  tangan tetap bersih. Tempat sampah ini dapat membuka menutup sendiri, dan  mengeluarkan suara   hingga memiliki indikator untuk  menunjukan jumlah keterisian sampah.

Seperti inilah tempat sampah otomatis yang dapat membuka sendiri serta mengeluarkan suara, karya 2 orang Mahasiwa Universitas Hayam Wuruk Surabaya, bernama Mochammad Vaif dan Vanessa Meilissa. Inovasi ini diberi nama Tessa Cerdas atau Tempat Sampah Cerdas.

Selain membuka atau menutup sendiri saat akan ada yang membuang sampah, tempat sampah cerdas ini juga dapat mengeluarkan suara serta mempunyai indikator jumlah keterisian sampah di dalamnya . Kapasitas tempat sampah ini sebanyak 5 liter dan menggunakan baterai.

Mochammad Vaif, Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika pembuat tempat sampah cerdas ini mengaku ide pembuatannya berasal saat ia sering melihat orang merasa jijik membuka tempat sampah. Karena itu, dengan membuka menutup sendiri akan memudahkan dalam membuang sampah. Proses pembuatannya sendiri memakan waktu selama 2 minggu.

Ke depan, tempat sampah cerdas ini akan dikembangkan dengan pendeteksi sampah organik atau non organik, serta menggunakan tenaga matahari atau solar panel.

 

#inovation #technology #mahasiswa #surabaya #jawatimur 

 

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/KompastvJawaTimur/

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x