Kompas TV jember peristiwa

Terdakwa Aktivis Antimasker Serang Hakim di Ruang Sidang

Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:46 WIB

Banyuwangi, KompasTV Jawa Timur - Tidak terima dengan putusan Hakim, Terdakwa penyebar berita hoax dan aktivis antimasker, Yunus Wahyudi, naik ke meja dan menyerang Ketua Majelis Hakim, di ruang persidangan, Pengadilan Negeri Banyuwangi, Jawa Timur.

Polisi yang berjaga, langsung mengamankan pelaku dan membanya ke kantor Lembaga Pemasyarakatan setempat.

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Banyuwangi, Jawa Timur, Yunus Wahyudi, Terdakwa penyebar berita hoax dan aktivis antimasker, kamis sore (19/8), menjalani persidangan dengan agenda pembacaan vonis oleh majelis Hakim Pengadilan Negeri setempat.

Usai membacakan vonis  3 tahun penjara dan palu diketok sebanyak 3 kali tanda persidangan usai, Ketua Majelis Hakim, Komajaru Karuru, tiba-tiba diserang oleh Yunus Wahyudi.  

Yunus berusaha melayangkan pukulan ke arah Hakim sambil meloncat ke atas meja. Beruntung, Polisi yang berjaga dalam persidangan ini langsung bergerak cepat dan meringkus Terdakwa.

Meski sudah diamankan, Yunus terus berteriak-teriak tidak terima atas putusan Hakim tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Terdakwa langsung dievakuasi ke Lapas kelas IIA Banyuwangi.

Dalam kasus ini, Yunus dijerat undang-undang no 19 tahun 2016 tentang ITE pasal 45 huruf A junto pasal 28 dan pasal 93 undang-undang no 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan .

Vonis yang dijatuhkan Hakim ini, satu tahun lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yaitu 3 tahun penjara.

Kasus ITE dan pelanggaran kekarantinaan ini mencuat sejak oktober tahun 2020. Terdakwa yang mengklaim tidak percaya Covid-19, menjemput paksa jenazah pasien Covid di RSUD Genteng. Selain itu, Terdakwa juga kerap membuat pernyataan di media sosial karena ketidakpercayaan dengan Covid-19.

 

#banyuwangi #jatim #terdakwa #serang #hakim #sidang #covid #masker #aktivis #ricuh

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x