Kompas TV jember peristiwa

Pegunungan Argopuro Longsor Timpa Permukiman

Rabu, 17 November 2021 | 12:59 WIB

Probolinggo, KompasTV Jawa Timur - Empat rumah warga di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, rusak parah akibat tertimpa tanah longsor. Musibah longsor terjadi setelah lereng pengunungan Argopuro diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Dari video amatir yang direkam warga, terlihat rumah warga di dusun Kalianyar, desa Kedung sumur, kecamatan Pakuniran, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, rusak parah setelah diterjang tanah longsor.

Musibah ini terjadi pada senin petang. saat kejadian, hujan dengan itensitas tinggi melanda kawasan tersebut. Tiba-tiba tebing lereng pegunungan Argopuro longsor dan menimpa sedikitnya empat rumah warga.

Akibatnya, dapur dan bagian belakang rumah warga rusak akibat tertimpa material longsor. Untungnya saat kejadian, para penghuni rumah sudah mengungsi ke tempat lain yang lebih aman sehingga tidak sampai memakan korban jiwa.

Pasca kejadian, warga dibantu muspika setempat bergotong royong membersihkan material longsor di bagian belakang rumah. Sementara kerugian material akibat kejadian itu ditaksir sekitar ratusan juta rupiah.

Diduga, longsor terjadi karena tebing penompang permukiman warga, tanannya mulai gembur seiring hujan dan minimnya tanaman penyanggah air hujan.

Warga berharap, warga terdampak mendapatkan bantuan pangan selama dapur dan perabotan tidak bisa dimanfaatkan. Mereka juga berharap musibah serupa tidak terjadi lagi ke depannya.

#probolinggo #jatim #longsor #pegunungan #argopuro #rumah #hancur #bencana #peristiwa

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x