Kompas TV jember berita daerah

Semeru Keluarkan Guguran Lava Pijar 13 Kali dalam 24 Jam

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:32 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Pasca terjadi luncuran awan panas guguran, APG, gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, teramati mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak tiga belas kali, selama 24 jam terakhir. Selain itu, suara gemuruh juga sering terdengar dari gunung tertinggi di pulau Jawa itu. saat ini, gunung Semeru masih berstatus waspada level dua.

Kamis pagi, gunung Semeru secara visual terlihat jelas dari sungai besuk Kobokan, desa Supit urang, kecamatan Pronojiwo. Aktivitas penambang pasir pun nampak normal seperti biasanya.

Menurut mereka, pada malam hari terlihat lelehan lava pijar yang keluar dari pusat guguran atau ujung lidah lava dengan jarak luncur sekitar tiga hingga tujuh ratus meter. Bahkan, luncuran lava pijar tercatat terjadi sebanyak tiga belas kali selama semalam.

Warga juga mengaku sering mendengar suara gemuruh dari puncak gunung Semeru. Sementara di puncak Semeru, juga teramati sinar api diam dengan ketinggian 25 meter.

Meski demikian, status gunung Semeru masih berada di level dua atau waspada. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada serta selalu mematuhi imbauan dari petugas pos pengamatan gunung Semeru.

 

#lumajang #jatim #gunung #semeru #erupsi #awan #gemuruh #gempa #letusan #lava

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x