Kompas TV jember peristiwa

Trauma, Korban erupsi Semeru Tak Ingin Kembali ke Rumah

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:53 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Erupsi gunung Semeru yang terjadi sabtu lalu menyebabkan rasa trauma mendalam bagi warga yang tinggal di dusun Sumbersari desa Supit Urang kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang. Karena merasa takut, warga mengaku tak ingin kembali untuk menempati rumahnya lagi.

Dusun Sumbersari desa Supit Urang adalah salah satu dusun yang mengalami dampak erupsi gunung Semeru yang cukup parah. Puluhan rumah yang berada di dusun ini rusak bahkan rata dengan pasir. Dusun Sumbersari sendiri, terletak cukup dekat dengan aliran lahar Semeru, sehingga saat erupsi dusun ini terimbas cukup parah.

Menurut Sulaiman, salah satu warga dusun Sumbersari, selain rumah, dirinya juga kehilangan sawah dan lahan pertanian setelah diterjang lahar Semeru. Rasa trauma membekas , bahkan dirinya bersama keluarganya tak ingin kembali menempati rumahnya lagi.

Sulaiman menambahkan, tahun 2020 akhir lahar Semeru juga sempat membuat warga mengungsi. Namun kali ini bencana yang terjadi sangat besar hingga meluluhlantakkan dusun dan merenggut korban jiwa.

#lumajang #jatim #erupsi #gunung #semeru #bencana #awanpanas #abuvulkanik

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x