Kompas TV jember peristiwa

Video Jembatan Antar Dusun Jebol Diterjang Lahar Semeru

Jumat, 14 Januari 2022 | 14:09 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Banjir lahar hujan gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali terjadi pada kamis sore. Akibatnya, sebuah jembatan yang menghubungkan antar dusun ambruk. Selain itu, banjir lahar hujan juga mengakibatkan hujan abu dari letusan sekunder.  

Inilah rekaman dari plt Camat Candipuro, Abdul Azis saat memantau kondisi tanggul darurat di bawah jembatan Geladak Perak, desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro. Dalam rekaman tersebut, terlihat kepulan asap putih yang diakibatkan letusan sekunder dibagian dinding tebing yang longsor. Akibat kejadian tersebut, sejumlah daerah di kecamatan Candipuro mengalami hujan abu.

Selain itu, banjir lahar hujan gunung Semeru juga menyebabkan jembatan penghubung dusun Kajar kuning, desa Sumberwuluh dengan dusun Curah kobokan desa Supit urang, terputus.

Akibatnya, tidak ada akses jalan lagi yang bisa dilalui untuk melakukan pemantauan aliran lahar Semeru maupun aktivitas relawan.

Sementara itu, dibagian hilir sejumlah truk pasir yang sedang melakukan aktivitas penambagan, langsung meninggalkan bantaran sungai. Hal ini lantaran banjir lahr hujan datang dengan cukup deras. Tak hanya itu, warga yang melintasi jembatan Limpas di desa Gondoruso, kecamatan Pasirian, harus cepat-cepat melintas lantaran takut banjir menerjang mereka.

 

 

#lumajang #jatim #semeru #awanpanas #jembatan #putus #lahar #bencana #gunung #letusan

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x