Kompas TV jember peristiwa

Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran

Jumat, 4 Maret 2022 | 12:15 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali mengeluarkan awan panas guguran pada rabu malam, dengan jarak luncur 4,5 kilometer ke arah tenggara. Akibatnya sejumlah warga yang ada di sekitar lereng gunung Semeru, sempat panik, dan keluar rumah. Warga juga merasakan hujan abu yang cukup deras.

Inilah visual rekaman CCTV milik BPBD kabupaten Lumajang, Jawa Timur, saat terjadi awan panas guguran. Dari rekaman tersebut terlihat jelas awan panas guguran keluar dari puncak Mahameru dan meluncur ke arah bukaan kawah Jonggring Saloko, sejauh empat kilometer.

Jarak ini lebih jauh daripada awan panas guguran yang sempat terjadi pada rabu pagi. Sebab, kepulan asap putih kelabu jelas terlihat mengepul ke udara. Akibat kejadian tersebut terjadi hujan abu di sekitar lereng gunung Semeru. Bahkan, hujan abu meluas hingga ke dua Kecamatan, yakni Pronojiwo dan Candipuro.

Baca Juga: Detik-detik Evakuasi Warga Banjir Pamekasan

Saat ini, pihak BPBD Kabupaten setempat masih melakukan imbauan kepada warga agar tetap selalu menigkatkan kewaspadaan dan tetap tenang. 

Gunung Semeru hingga saat ini masih bertahan pada level tiga atau status siaga.

 

#lumajang #jatim #semeru #meletus #erupsi #bencana #hujan #abu #awan #panas

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x