Kompas TV jember peristiwa

Detik-detik Evakuasi Warga Terjebak Lahar Dingin Semeru

Jumat, 4 Maret 2022 | 14:01 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Hujan deras yang mengguyur kawasan puncak gunung Semeru, menyebabkan gunung tertinggi di pulau Jawa itu memuntahkan banjir lahar hujan, pada kamis siang. Akibatnya sejumlah Warga terjebak di tengah sugai Besuk Kobokan, Lumajang, Jawa Timur. Sebuah alat berat terpaksa diterjunkan untuk menyelamatkan Warga tersebut.

Sejumlah Petugas TRC BPBD dan Relawan, terpaksa menggunakan pengeras suara untuk meminta Warga yang terjebak saling membantu saat melintas di sejumlah aliran di sungai Besuk Kobokan, Desa Supit urang, Kecamatan Pronojiwo. Hal ini lantaran arus banjir lahar hujan gunung Semeru cukup deras.

Baca Juga: PVMBG Imbau Warga Semeru Waspada Banjir Lahar Dingin

Menurut Petugas, ada sekitar enam orang yang terjebak banjir lahar saat melintas di jalur alternatif ini. Mereka adalah rata-rata pelintas roda dua mapun roda empat. Bahkan, sebuah motor terseret banjir lahar. Beruntung, pemilik motor selamat.

Sebuah alat berat diterjunkan untuk menyelamatkan Warga tersebut. Mereka dinaikkan ke atas alat berat agar bisa menyaberangi sungai yang arusnya masih cukup deras. Satu diantaranya adalah anak kecil yang saat kejadian banjir berada di mobil bersama orang tuanya. Mereka mengaku gembira lantara bisa selamat dari terjangan banjir lahar.

Banjir lahar sendiri terjadi setelah kawasan gunung Semeru diguyur hujan deras.

 

#lumajang #jatim #semeru #meletus #erupsi #bencana #hujan #abu #awan #panas

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x