Kompas TV jember berita daerah

Sukses Budidaya Ayam Polandia Hingga Untung Puluhan Juta Rupiah

Selasa, 15 Maret 2022 | 13:09 WIB

Jember, KompasTV Jawa Timur - Seorang Pemuda di Jember, Jawa Timur, berhasil mengembangkan unggas jenis Ayam Polandia hingga beromzet belasan juta perbulan. Bulu yang indah dan unik membuat Ayam ini bernilai jual tinggi terlebih untuk Ayam kontes. Budidaya ini berawal dari keterpurukan di masa pandemi dan akibat putus hubungan kerja.

Berawal dari keterpurukan akibat masa pandemi Covid-19 karena putus hubungan kerja, sekelompok Pemuda di Desa gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Jawa Timur, sukses beternak Ayam jenis Polandia.

Perawatan mudah dan tidak memerlukan banyak waktu serta mempunyai bulu indah dan unik, menjadi salah satu minat membudidayakan jenis unggas ini.

Harga jualnya pun bernilai tinggi hingga jutaan rupiah. Ayam dengan usia satu bulan atau anakan mencapai minimal 65 ribu rupiah tergantung jenis dan untuk indukan atau dewasa mencapai 5 hingga 6 juta rupiah.

Ayam jenis Polandia mempunyai tubuh yang kecil dengan bulu yang unik dan indah akan mempunyai nilai jual tinggi jika menang dalam kontes Kecantikan bulu.

Dalam hal perawatan dan budidaya, Ayam ini dibutuhkan tempat yang kering dan makanan kering seperti konsentrat, jagung, beras dan biji-bijian sehingga tidak merusak kondisi bulu, dan tidak langsung dierami indukannya.  

Penghobi Ayam Polandia ini sebagian besar tertarik dengan bentuk bulu yang indah disamping perawatan mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu, namun nilai ekonomisnya tinggi.  

Jenis Ayam Polandia yang diminati diantaranya jenis Ayam bulu walik, Ayam jenis kapas, jenis silver, golden dan jambul putih.

Selain dari sisi bisnis yang menjanjikan, ternak Ayam jenis Polandia ini sebagai upaya pelestarian Ayam bulu indah yang mulai jarang dipelihara warga.

 

 

#jember #jatim #ayam #polandia #budidaya #cara #merawat #beternak

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x