Kompas TV jember berita daerah

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas 3,5 Kilometer

Senin, 21 Maret 2022 | 13:30 WIB

Lumajang, KompasTV Jawa Timur - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, minggu pagi kembali meluncurkan Awan Panas Guguran. Kali ini, luncuran Awan Panas mencapai tiga setengah kilometer mengarah ke sisi tenggara gunung tertinggi di Pulau Jawa itu. Saat ini, gunung Semeru masih berstatus siaga atau level tiga.

Luncuran Awan Panas ini terlihat jelas dari arah Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo. Awan Panas nampak keluar dari puncak mahameru dan mengarah ke sisi tenggara kawah Jonggring Saloko.

Baca Juga: Warga Lereng Semeru Tewas Tersambar Petir Saat Berteduh

Berdasarkan data dari pos pengamatan gunung Semeru, lama kejadian Awan Panas berlangsung tidak begitu lama, yakni hanya 180 detik saja. Beruntung, kejadian tersebut tidak sampai membuat hujan abu di lereng gunung, lantaran tiupan angin tidak terlalu kencang.

Selain mengeluarkan Awan Panas Guguran, gunung Semeru juga terlihat mengeluarkan letusan asap berwarna putih kelabu ke arah utara.

Dalam dua hari ini, tercatat sudah tiga kali terjadi Awan Panas Guguran. Untuk itu, BPBD Kabupaten Lumajang, meminta kepada masyarakat untuk selalu mematuhi rekomendasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, agar tidak melakukan aktivitas 13 kilometer dari puncak mahameru.

 

#lumajang #jatim #gunung #semeru #meletus #erupsi #awan #panas #bencana #peristiwa

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x