Kompas TV kediri kriminal

Praktik Pungli Perangkat Desa Blitar Terkait Dana Korban Gempa Bumi

Senin, 2 Januari 2023 | 13:00 WIB

Blitar, Kompas TV Jawa Timur - Polres Blitar menyita uang ratusan juta rupiah hasil pungli dana Stimulan korban terdampak gempa bumi. Uang pungli tersebut disita dari beberapa orang termasuk perangkat desa Sawentar Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar berserta anggota ini ,menunjukkan barang bukti uang pungli dana Stimulan bagi korban gempa bumi. Total ada 200 juta lebih uang tunai yang disita Polisi, dari sejumlah pelaku.

Menurut Polres Blitar, para pelaku pungli ini terdiri dari beberapa orang, termasuk perangkat Desa Sawentar Kabupaten Blitar. Dalam aksinya para pelaku, meminta bagian 10 persen dari dana bantuan gempa yang diterima oleh warga.

Untuk mengelabuhi warga, para pelaku mengaku bahwa pungutan 10 persen tersebut, digunakan untuk biaya administrasi pencairan bantuan. Kini kasus tersebut masih diselidiki lebih lanjut oleh Polres Blitar, untuk mengetahui total kerugian yang diakibatkan oleh pungutan liar tersebut.

Baca Juga: Imbas Banjir Semarang, 4 Jadwal Kereta Api Alami Keterlambatan

Dana Stimulan gempa bumi ini diberikan Pemerintah pusat ke seluruh warga Blitar yang terdampak gempa bumi tahun 2021 lalu. Jumlah dana bantuan pun bervariasi mulai dari 20 juta hingga 50 juta rupiah tergantung tingkat kerusakan.

 

#korupsi #dana #gempabumi #blitar #pungli #perangkatdesa #polisi #jokowi #pemerintah

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,KompastvJawaTimur,

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x