Kompas TV madiun berita daerah

Besuk Virtual Untuk Penghuni Rutan

Kamis, 12 November 2020 | 12:38 WIB

Ponorogo, KompasTV Jawa Timur - Rumah tahanan kelas IIB Ponorogo, Jawa Timur berikan fasilitas besuk secara virtual untuk ratusan narapidana selama pandemi. Besuk online ini diberikan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari balik penjara. Para narapidana pun rela antri demi bisa bersua dengan kerabat meski secara virtual.

Pandemi telah merubah banyak aspek tatanan kehidupan di masyarakat, tak terkecuali di rumah tahanan kelas IIB di Ponorogo ini. 

Baca Juga: Ditangkap ! Seorang Pria Belajar Produksi Sabu dari Internet

Sejak pandemi melanda Kementrian Hukum dan HAM melarang proses besuk di rutan. Penggantinya adalah besuk virtual atau secara online.

Seperti inilah kegiatan besuk yang diterapkan di lingkungan rutan Ponorogo.

Ada empat perangkat yang disediakan, dua diantaranya berupa personal computer atau PC, sementara dua lainya berupa tablet. Warga binaan pun memanfaatkan fasilitas daring ini secara bergantian. 

Setiap satu orang diberi waktu selama sepuluh menit. Dalam sehari, peralatan daring ini mampu melayani hingga 80 kali besuk online. Fasilitas ini diberikan gratis setiap hari kecuali hari jumat.

Saat ini ada 256 warga binaan yang menempati rutan Ponorogo. Dari jumlah tersebut separuh diantaranya terjerat kasus narkoba.

Baca Juga: Kembali Berulah, Residivis Curanmor Ditangkap

“Untuk saat ini kami masih tetap melaksanakan instruksi Kemenkumham , jenguk langsung belum diperbolehkan. Tapi pola ini kami ganti dengan sistem online. Kami fasilitasi, jadi tahanan masih bisa berkomunikasi dengan keluarga.” Jelas, Arya Galung, Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo.

#Ponorogo #Jatim #Covid19 #Corona #Tahanan #Kriminal #Narkoba

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x