Kompas TV madiun berita daerah

Koleksi Dan Bisnis Diorama Miniatur Kereta Api

Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:59 WIB

Madiun, KompasTV Jawa Timur - Berawal dari hobi, dan kegagalan mendaftarkan diri sebagai karyawan perusahaan Perkeretaapian. Pemuda di Madiun, Jawa Timur, akhirnya menekuni bisnis sampingan sebagai pembuat diorama miniatur Kereta Api.

Selain membuat diorama ternyata ia juga mengkoleksi berbagai macam miniatur kereta. Siapa sangka dari bisnis sampingan ini ia dapat menghasilkan hingga jutaan rupiah setiap bulan.

Beginilah keseharian Alvin Setya Patria, pemuda 29 tahun warga jalan jeruk, kecamatan Taman, kota Madiun sepulang bekerja. Ia selalu meluangkan waktunya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat diorama atau miniatur Kereta Api yang mirip dengan aslinya.

Alvin sendiri merupakan salah satu kolektor miniatur Kereta Api di kota Madiun. Berbagai macam miniatur ia miliki. Mulai dari miniatur Kereta Api angkutan hingga kereta barang. Tak hanya itu. sejumlah miniatur alat berat juga nampak berjajar diatas diorama miliknya ini.

Kecintaan nya pada Kereta Api sudah ia miliki sejak kecil ketika ia diperkenalkan lori kereta oleh almarhum ayahnya. Karena saking cintanya kepada Kereta Api, lantas ia mencoba mendaftarkan diri bekerja ke perusahaan perkeretaapian, namun gagal. Akhirnya dari situlah sekitar tahun 2017 lalu. ia memutuskan untuk berkreasi sendiri mengkoleksi sekaligus membuat diorama sendiri.

Sejumlah miniatur lokomotif kereta yang ia miliki ini, ia dapatkan dari sejumlah daerah di Indonesia. Untuk mesinnya ia impor langsung dari amerika dan Jerman. Sementara, dari hobinya mengoleksi miniatur Kereta Api ini, akhirnya ia pun memanfaatkan peluang dengan berbisnis miniatur kereta serta diorama Kereta Api.

Penawaran ia lakukan dengan mengunggah karyanya di media sosial. Tak disangka, peminatnya pun berdatangan. Mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Solo dan Surabaya. Bahkan pemesanan diorama pernah datang dari Texas Amerika beberapa waktu lalu. 

Untuk harga diorama ia memasang harga yang berbeda, tergantung isi dari diorama yang diminta oleh pemesan. Yakni mulai harga 2 juta hingga 4 juta rupiah. Sementara dari bisnis sampingan yang ia tekuni ini, setidaknya setiap bulan ia dapat mengantongi penghasilan tambahan sekitar 3 juta rupiah.

#madiun #jatim #diorama #kereta #api #hobi #peluang #bisnis

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x