Kompas TV madiun berita daerah

Kerajinan Tas Anyaman Plastik Tembus Pasar Luar Negeri

Kamis, 18 November 2021 | 14:15 WIB

Ponorogo, KompasTV Jawa Timur - Terdampak pandemi, sejumlah ibu rumah tangga di Ponorogo, Jawa Timur, justru semakin kreatif. Mereka membuat tas anyaman plastik yang kini makin banyak digandrungi. Tak anyaman plastik yang dulu dinilai jadul, kini dikreasikan menjadi modis hingga laku ke pasar luar negeri.

Tas anyaman plastik jali seperti ini belakangan makin banyak diminati, karena warna dan bentuknya yang semakin modis mengikuti perkembangan zaman. Bahkan, tas yang dulu hanya identik dibawa ibu-ibu belanja ke pasar ini, kini banyak disukai milenial dan wanita karir untuk berbagai keperluan resmi.

Salah satunya yang kini sedang kebanjiran pesanan adalah rumah milik Nuryati di Desa Mojomati, Kecamatan Jetis, Ponorogo ini. Total ada belasan ibu rumah tangga yang ikut bekerja membuat tas anyaman selama pandemi melanda.

Beragam model tas dibuat disini. Mulai dari ukuran kecil, sedang hingga berukuran besar. Pemilihan kombinasi warna serta aksesoris, membuat tas jali kian modis. Nuryati dan keluarga menggeluti kerajinan tas jali ini sudah sejak lama.

Dulu usahanya ini sempat meredup lantaran karya yang dihasilkan terkesan monoton dan kurang bisa memenuhi keinginan pasar.

Namun saat pandemi Covid-19, ibu dua anak ini lalu mencoba berkreasi membuat berbagai model dan warna, ternyata meledak di pasaran. Dalam sebulan, nuryati bisa menjual 400 hingga 500 tas ke sejumlah kota bahkan hingga luar negeri.

Apalagi, selama ini menjual melalui jejaring media sosial. Harga tas-tas cantik ini pun cukup beragam, mulai 35 hingga 80 ribu rupiah tergantung ukuran dan modelnya. Sementara konsumen paling banyak berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Makassar, Bali, Jogja dan Solo.

Para ibu rumah tangga disini pun bersyukur, meski dilanda pandemi berkepanjangan, usaha mereka justru kini makin berkembang. Selain itu, turut memberi kesempatan para ibu berkreasi dan bekerja demi membantu kebutuhan keluarga.

#ponorogo #jatim #kerajinan #anyaman #tas #plastik #belanja

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x