Kompas TV madiun berita daerah

Kebun Durian Rusak Diserang Kera dan Tupai

Rabu, 12 Januari 2022 | 14:15 WIB

Madiun, KompasTV Jawa Timur - Petani buah Durian di kabupaten Madiun, Jawa Timur mengeluhkan adanya serangan Kera liar yang menyerang buah Durian mereka. Akibatnya, buah Durian yang hampir memasuki panen menjadi rusak. Selain Monyet, kerusakan buah juga diperparah dengan adanya serangan Tupai yang membuat buah menjadi berlubang.

Para Petani buah Durian di desa Segulung, kecamatan Dagangan, kabupaten Madiun, Jawa Timur, akhir-akhir ini mengeluhkan adanya serangan Kera liar yang menyerang dan merusak buah Durian di kebun mereka. Kera liar yang menyerang, diduga berasal dari hutan pinus yang tidak jauh dari lokasi perkebunan buah Durian.

Salah seorang Petani Durian,  parminto, mengatakan. Kawanan Kera liar biasanya menyerang ketika sore hari menjelang malam saat situasi kebun sedang sepi. Kawanan Kera ini menyerang dengan cara menarik buah dari batang pohon Durian hingga patah pada bagian pangkal buah, dan lari masuk hutan setelah menyerang.

Akibatnya, buah Durian yang sudah tua dan hampir memasuki masa panen menjadi rusak dan gagal panen. Bahkan pada musim panen ini pun, dirinya harus menanggung kerugian setidaknya sekitar 1 juta rupiah setiap pohon Durian.

Selain Kera liar, Petani juga direpotkan dengan serangan Tupai yang juga dapat memperparah kerusakan pada buah Durian. Hewan Tupai ini menyerang dengan cara menggerogoti kulit buah hingga akhirnya buah Durian menjadi penuh lubang. 

Selain milik Parminto, buah Durian milik Petani lain juga banyak yang menjadi korban serangan Kera liar dan Tupai. Tak banyak yang diupayakan para Petani, selain hanya memasang tutup dari pakaian bekas pada buah Durian mereka, agar tidak menjadi sasaran selanjutnya.

#madiun #jatim #petani #durian #musking #monthong #kera #monyet #tupai #hama #panen

 

 

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x