Kompas TV madiun berita daerah

Situs Lambang Kuning Sejarah Peninggalan Kerajaan di Madiun

Kamis, 12 Januari 2023 | 11:40 WIB

Madiun, Kompas TV Jawa Timur - Situs lambang kuning di Kabupaten Madiun, kini telah menjadi jujugan para peziarah. Situs peninggalan kerajaan Kahuripan ini, telah terjaga dengan baik dan berpotensi menjadi wisata religi.       

Situs lambang kuning merupakan situs yang telah diakui oleh balai pelestarian cagar budaya, atau BPCB Provinsi Jawa Timur. Situs lambang kuning berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Ada sejarah singkat tentang situs lambang kuning ini. Lambang kuning sendiri merupakan nama orang atau sosok gadis yang selama ini oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Nyai Lambang Kuning. Nyai Lambang Kuning adalah gadis yang berasal dari keturunan Kerajaan Kahuripan.

Nyai Lambang Kuning dahulu berupaya melarikan diri dari wilayah Kerajaan Kahuripan. Dirinya melarikan diri karena akan dijadikan korban oleh calona arang seorang penebar sihir, yang mana saat itu calon arang mencari gadis -gadis cantik untuk dijadikan persembahan dewa karena adanya wabah pageblug.

Dalam pelariannya, Nyai Lambang Kuning lalu membabat sebuah hutan belantara untuk tempat tinggalnya, yang kemudian saat ini menjadi sebuah desa yaitu Desa Nglambangan. Dari situlah, Nyai Lambang Kuning juga dikenal berperan dalam sejarah berdirinya Desa Nglambangan, di Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Hingga kini, peninggalan nyai lambang kuning di seputaran situs masih tetap terjaga.

 

#situs #lambangkuning #sejarah #candi #jawatimur #madiun #kerajaan #cagarbudaya

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,KompastvJawaTimur,

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x