Kompas TV madiun berita daerah

Puluhan Monyet Ekor Panjang MIlik Warga di Kabupaten Madiun Diserahkan ke BKSDA Jawa Timur

Kamis, 2 Maret 2023 | 11:47 WIB

Kabupaten Madiun, KompasTV Jawa Timur – Pemilik puluhan monyet yang juga warga kampung topeng monyet, di Kabupaten Madiun, menyerahkan hewan peliharaanya ke balai besar konservasi sumber daya alam atau BKSDA. Monyet  jenis  ekor  panjang  ini selanjutnya  direhabilitasi BKSDA, sebelum dilepas liarkan ke habitatnya. 

Puluhan monyet ekor panjang ini diserahkan pemiliknya Balai BKSDA Jawa Timur. Mereka ditempatkan di Balai Desa Kertosari, Kecamatan Geger, sebelum dibawa ke tempat rehabilitasi  BKSDA Jawa Timur. Desa Kertosari selama ini dikenal sebagai tempat  pelatihan  bagi  puluhan  monyet yang akan dijadikan topeng  monyet. Sekitar 22 warga di desa ini bekerja sebagai tukang topeng monyet sejak puluhan tahun lalu.

Sebelum monyet diserahkan, warga diberi pemahaman terlebih dahulu tentang risiko kesehatan. Ini  karena monyet mudah menularkan penyakit  TBS dan Rabies. Sebagai ganti menyerahkan monyet, para  mantan  pemilik usaha topeng monyet, diberikan bantuan dari jaringan satwa indonesia, untuk modal usaha sebesar 3 5 juta rupiah.

#monyetekorpanjang #bksda #madiun #jawatimur

 

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/KompastvJawaTimur/

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x