Kompas TV malang raya berita daerah

Demam Euro 2020 di Kampung Nelayan Pasuruan

Jumat, 25 Juni 2021 | 09:10 WIB

Pasuruan, KompasTV Jawa TImur - Demam EURO 2020 di Benua Eropa melanda permukiman kampung pesisir di kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Suasana kampung disulap ala Piala Eropa, dimana bendera-bendera peserta EURO 2020 menghiasi permukiman hingga, kapal hingga kendaraan nelayan. Setiap pertandingan, juga ditonton warga secara rutin.

Kemeriahan event sepak bola akbar, EURO 2020 terlihat di desa Gerongan kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ratusan bendera negara peserta EURO 2020 berkibar di pemukiman warga, yang terletak di kawasan pesisir pantai utara Jawa ini. Satu rumah mengibarkan sedikitnya tiga bendera.

Tak hanya di jalan perkampungan dan pagar depan rumah, bendera negara peserta EURO 2020 juga berkibar di kapal-kapal, yang digunakan warga untuk menangkap ikan. 

Bahkan atribut pesta sepakbola Eropa itu juga terpasang di kendaraan bermotor milik warga, sesuai dengan negara yang dijagokan sebagai juara.

Warga mengaku, setiap perhelatan sepak bola akbar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa, mereka selalu antusias menyambut dengan menghias desa menggunakan atribut negara-negara peserta turnamen.

Meski babak penyisihan grup sudah tuntas, namun bendera sejumlah negara yang dipastikan gugur, tidak dicabut. Alasannya, untuk menjaga kemeriahan karena negara peserta Piala Eropa tidak sebanyak Piala dunia.

Demam bola di kampung nelayan ini, sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Biasanya, selain menghias kampung dengan pernak-pernik negara peserta turnamen, mereka nonton bareng di balai desa atau lapangan.

Di desa Gerongan, hampir 500 bendera negara peserta Piala Eropa berkibar di empat dusun. Jika Piala Dunia berlangsung, bendera yang terpasang bisa diatas 1.000 lebih.

Sayang, kali ini nonton bareng dengan skala besar tak bisa dilakukan karena pemerintah desa melarang adanya kerumunan, seiring pandemi Covid-19. Nonton bareng pun dibatasi jumlahnya dan harus menerapkan protokol kesehatan.

#pasuruan #jatim #Euro #Euro2020 #kampung #nelayan #fifa #football

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x