Kompas TV malang raya berita daerah

Potensi Ekonomis Budidaya Sansevieria

Kamis, 4 November 2021 | 13:52 WIB

Batu, KompasTV Jawa Timur - Saat ini hobi mengoleksi tanaman hias nampaknya belum akan surut. Berbagai macam jenis tanaman hias pun, laris manis di pasaran. Peluang inilah yang dilihat oleh seorang petani tanaman hias di kota Batu. Melihat potensi pasar yang masih besar, petani ini menekuni budidaya tanaman hias jenis Sansevieria.

Lidah mertua atau Sanseviera adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. Selain karena keindahan bentuknya, yang lucu dan imut, tanaman hias ini juga memiliki manfaat lain. Yakni  mampu menyerap polutan di sekitarnya. Tak heran jika tanaman hias satu ini tak pernah sepi peminat.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu petani tanaman hias Sansevieria di kota Batu, Suprapto, yang sudah tiga tahun terakhir membudidayakan Sansevieria. Awalnya, Suprapto adalah seorang petani buah dan bunga potong.

Namun ketertarikannya pada Sansevieria karena beberapa faktor. Salah satunya adalah, Sansevieria yang memiliki pasar sendiri , membuat tanaman hias ini cukup stabil di pasaran. Berbeda dengan tanaman hias lain yang pemrintaannya cenderung naik turun, mengikuti tren. 

Selain itu, petani yang membudidayakan  Sansevieria juga belum terlalu banyak. di lahan seluas 500 meter persegi inilah, Suprapto merawat dan membudidayakan Sansevieria. Gold flame, Twister, Whitney dan Asahi, adalah beberapa jenis Sansevieria yang dibudidayakan oleh Suprapto. Perawatan tanaman hias ini juga tergolong mudah.

Omzet budidaya tanaman hias ini juga cukup menjanjikan. Dalam sekali panen, tanaman hias Sansevieria bisa bernilai jutaan rupiah.

Selain pasar dalam negeri, Sansevieria dari kota wisata Batu ini juga sudah merambah pasar mancanegara. Petani berharap, ada perhatian lebih dari pemerintah daerah , agar petani tanaman hias di kota Batu bisa melakukan ekspor secara mandiri.

Karena selama ini dalam melakukan ekspor, petani tanaman hias di kota Batu masih menggantungkan pada daerah lain.

#batu #jatim #sansevieria #tanaman #hias #bisnis #budidaya

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x