Kompas TV malang raya berita daerah

Gerakan Reboisasi Tahura Raden Soerjo

Senin, 29 November 2021 | 08:45 WIB

Batu, KompasTV Jawa Timur - Sebagai bentuk rasa peduli terhadap kelestarian lingkungan saat ini gerakan reboisasi kerap kali dilakukan. Kali ini Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bersama Pemkot Batu dan Unesa menggelar tanam pohon di taman hutan raya Raden Soerjo kota Batu.

Gotong Royong Nanduri Gunung atau Bergotong Royong Menanami Gunung adalah gerakan menanam pohon di wilayah pegunungan dan hutan atau reboisasi. Secara simbolis, gerakan tanam pohon ini dilakukan di kawasan wisata air panas Cangar kota Batu.

Total ada 56 ribu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan penyangga taman hutan raya, Tahura Raden Soerjo yang berada di kota Batu, Mojokerto dan Pasuruan. 

Ribuan bibit pohon akan ditanam di area yang memiliki sejarah kebakaran hutan. Dengan menanami area tersebut pemulihan kawasan hutan diharapkan bisa terwujud. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Jumadi, menyebut ada tujuh titik 140 hektar yang tersebar di tujuh titik lokasi Tahura yang menjadi target reboisasi.

Selain itu, penanaman pohon juga tidak serta merta dilakukan namun juga harus memperhatikan, kondisi hutan dan pemilihan vegetasi.

“Kita harus berbuat,kalo bukan kita siapa yang akan menanam, konsepnya secepat mungkin kita harus menanam, kita tanam juga hrs sesuai dgn klasifikasi yang ada di indonesia apakah kita lanina, el nino,” jelas Jumadi, Kepala Dinas Kehutanan Jatim.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, usai musibah banjir bandang awal november lalu, sinergi semua pihak untuk memberikan perlakuan yang lebih baik lagi kepada alam memang harus dilakukan. Program reboisasi yang dilakukan kali ini bisa membawa dampak positif dan sangat membantu dalam pelestarian wilayah kota Batu.

 “Selain bersyukur saya juga berterima kasih kepada Dinas Kehutanan provinsi jawa timur dan unesa, dengan kkn dan program di kota Batu itu adalah membantu kami melestarikan wilayah.” Ungkap Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu

Tidak hanya melakukan penanaman pohon, perawatan dan pengawasan secara terus menerus juga harus dilakukan. Karena itulah mahasiswa unesa dan masyarakat di sekitar desa penyangga Tahura R Soerjo dilibatkan untuk menjaga hutan agar tetap lestari.

#batu #jatim #cangar #tahura #reboisasi #pohon #alam

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x