Kompas TV pantura berita daerah

Panen Raya di Lamongan, Menteri Pertanian Sebut Komoditas Sorgum Dapat Atasi Impor Gandum

Selasa, 23 Agustus 2022 | 12:02 WIB

Lamongan, KompasTV Jawa Timur - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, melakukan panen raya Komoditas Sorgum di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Menteri Pertanian akan terus mengembangkan tanaman sorgum asli dari Indonesia, untuk dijadikan pengganti gandum yang saat ini masih bergantung pada impor dan harganya pun terus melonjak.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, bersama Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, meninjau lahan yang ditanami komoditas sorgum, di Desa Sidorejo, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin siang.

Desa ini menjadi sentra tanaman sorgum, yang oleh sebagian warga bisa diolah menjadi berbagai makanan olahan, seperti cemilan, dan juga mie instan.

Usai melihat berbagai olahan terbuat dari bahan baku sorgum, Menteri Pertanian langsung melakukan panen sorgum bersama-sama.

Mentan, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, tanaman sorgum merupakan komoditas utama asli dari Indonesia, patut terus dikembangkan sebagai makanan asli orang Indonesia yang sudah banyak ditinggalkan.

Tanaman sorgum juga tidak sulit dikembangkan, karena tidak banyak membutuhkan air, pemupukan juga tidak banyak seperti komoditas lain. Begitu pula bijinya banyak dimanfaatkan, mulai dari untuk produk mie, batangnya bisa untuk gula, dan juga daunya untuk makanan ternak.

Untuk itu, Kementerian Pertanian terus mendorong tanaman sorgum lebih dikembangkan dan diperluas lagi lahannya. Di Lamongan saat ini hanya terdapat 200 Hektare dan nanti diharapkan bisa sampai 10 ribu Hektare lahan di lamongan.

Diharapkan dengan berkembangnya tanaman sorgum di Indonesia, akan bisa dijadikan sebagai pengganti gandum yang masih mengimpor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Kementerian Pertanian mendukung penuh langkah Pemerintah Daerah dan para petani sorgum, untuk mengembangkan tanaman sorgum ini menjadi salah satu komoditas unggulan sehingga mampu menjadi pangan alternatif warga di tengah krisis pangan dunia.

#menteri #pertanian #sorgum #bupati #lamongan #panenraya #petani #gandum #impor #pangan #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x