Kompas TV regional jawa timur

Unik! Kompetisi Make up Bertema Budaya Jepang Sosok Geisha

Kamis, 11 Mei 2023 | 13:56 WIB
unik-kompetisi-make-up-bertema-budaya-jepang-sosok-geisha
Peserta Make Up Berkreasi Merias Model Ala Sosok Geisha Modern Jepang (Sumber: Dok. Istimewa )

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Geisha erat kaitannya dengan ikon budaya Jepang. Sosok Geisha digambarkan dengan sosok perempuan yang pandai dalam seni rupa, menari, menyanyi, memainkan alat musik shamisen, memiliki tata krama makan, dan tutur kata yang lembut. Tak hanya pandai dalam kesenian namun make up atau riasan wajah dari Geisha juga tergolong unik dan menarik dengan balutan make up dasar warna putih yang menutupi seluruh bagian wajah, bibir merona merah dan alis hitam. Gaya  Riasan geisha ini pada awalnya muncul di China pada zaman Heian (749-1185 Masehi). 

Keunikan Sosok Geisha dan Kentalnya budaya Jepang yang melatarbelakangi Sekolah Make Up Indonesia by Vina Wijayanti menggelar Geisha Make Up Competition bertema Cherry Blossom Festival di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (10/5/2023). 

Sejumlah siswa dari sekolah tersebut berkompetisi mengkreasikan make up Geisha tradisional kebentuk yang lebih modern berkonsep Cherry Blossom.

Warna pink dan ungu mendominasi wajah model Geisha dalam lomba. Ini menjadi menarik lantaran peserta berani berinovasi mengganti warna dasar putih menjadi beragam warna namun tidak menghilangkan esensi dari sosok Geisha di era modern. Para peserta juag berkreasi dengan tambahan paint art pada wajah. 


Vina Wijayanti memaparkan, bahwa semua peserta hanya murni membawa skill atau keterampilan mereka dalam merias. Mereka tidak diperkenankan membawa model sendiri. "Mereka nggak tahu modelnya dapat siapa dengan tipikal wajah yang seperti apa. Juga nggak tahu dapat kostum kimono yang motifnya bagaimana. Jadi mereka betul-betul putar otak. Karena semua harus dikonsep dadakan alias on the spot. Kalau dipikir sejak dari rumah jadinya kan seperti ujian," jelas Vina. 

Indikator penilaian yang digunakan Vina antara lain kreativitas, kerapian, hingga total look dari hasil make up pada para model.
 
Melalui kompetisi Make Up tersebut, Vina mengajak para milenial untuk berani berinovasi dan berkreativitas termasuk belajar terkait ragam budaya Make Up atau rias dari berbagai Negara Di Dunia.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x